SOLID GOLD – Dollar AS Sesi Asia 12 Juli Bergerak Mixed, Yen Terpukul

SOLID GOLD LAMPUNG – Memulai perdagangan forex sesi Asia hari Selasa (11/7) dollar AS bergerak mixed terhadap rival-rival utamanya, dan paling kuat terhadap kurs yen Jepang yang sedang terpukul oleh hasil pemilu akhir pekan lalu. Yen anjlok parah terhadap dollar AS dan rival-rivalnya oleh rencana pemberian stimulus PM Jepang terhadap ekonomi negaranya.

Pemilu Jepang hari Sabtu (9/7) dimenangkan oleh partai yang memerintah saat itu alias kubunya PM Shinzo Abe, sehingga memberikan kekuatan untuk menggelontorkan paket kebijakan untuk menolong ekonomi negara tersebut.

Selain terhadap yen, terpantau pagi ini dollar AS bergerak lemah terhadap rivalnya seperti euro, swissfranc, dan dollar Canada. Terhadap euro dollar menguat oleh buruknya fundamental mata uang tersebut yang dikecewakan oleh data pertumbuhan ekonomi Perancis dan juga data produksi industri Italia yang lebih rendah dari periode sebelumnya.

Terhadap kurs komoditas seperti aussie dan kiwi dollar, dollar AS melemah oleh tenaga yang mensupport mereka yaitu pergerakan harga minyak mentah yang pagi ini berhasil rebound dari pelemahan 3 hari berturut yang cukup parah hingga turun ke bawah kisaran US$45 per barel.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan sesi Asia pagi ini bergerak flat setelah dibuka pada posisi 96,55 dan bergulir pada posisi 96,56. Perdagangan sebelumnya indeks dollar AS hari Senin menguat hingga 0,4 %.
SOLID GOLD LAMPUNG

Sumber Vibiznews