SOLID GOLD – Menjelang Jackson Hole Emas Ambruk Akibat Ketidakpastian Kebijakan Suku Bunga The Fed

SOLID GOLD LAMPUNG – Harga Emas anjlok ke titik terendah 4-minggu di hari Rabu kemarin, seiring kecemasan atas potensi kenaikan suku bunga sehingga memicu aksi profit taking para investor pada logam mulia. Emas telah menyentuh level terendahnya sejak 27 Juli pada sesi perdagangan kemarin.

Para pelaku pasar masih menunggu event di hari Jumat untuk mencari petunjuk atas potensi kenaikan suku bunga berikutnya, diikuti jadwal pidato Gubernur Fed Janet Yellen pada simposium Jackson Hole, dengan peluang Yellen akan mengikuti nada hawkish seperti pejabat The Fed Dudley dan Fischer sebelumnya. Minutes FOMC pekan lalu menunjukkan arah kebijakan bank sentral masih belum meraih suara bulat, namun komentar beberapa pejabat FOMC yang berpengaruh mencerminkan bias hawkish, sehingga mendongkrak performa Dollar.

Penguatan Dollar melukai harga Emas, karena Emas yang didenominasi terhadap mata uang AS menjadi lebih mahal bagi pembeli Asing seiring menguatnya Dollar AS.

Bayangan hitam yang panjang dari pidato hari Jumat di Jackson Hole memicu investor emas untuk bergerak ke pinggir dan bahkan melakukan aksi penjualan.

Itulah ekspresi dari suatu pemikiran yang mengatakan Yellen akan memberikan petunjuk bahwa tingkat bunga akan dinaikkan lebih cepat lebih baik. Namun, kita tidak yakin. Yellen, seperti kebanyakan kepala the Fed lainnya sebelum dia, berpegangan pada script dari risalah pertemuan sebelumnya.

Penurunan harga emas kemarin berjalan bersama penguatan dolar AS yang membuat harga emas menjadi lebih murah. Namun, bukan itu saja penyebab turunnya harga emas kemarin. Ada nada bearish yang lainnya yang juga mempengaruhi penurunan harga emas kemarin. West Texas Intermediate crude turun sebanyak 3% dan berusaha untuk pulih sedikit menjelang perdagangan siang hari.

Dengan symposium ekonomi akan dimulai di Jackson Hole Wyoming pada malam hari ini, semua mata terfokus kepada dolar AS.

Setelah menaikkan tingkat suku bunga untuk pertamakalinya dalam satu dekade di tahun 2015, the Fed menjadi agak tenang. Namun, pada malam hari ini, ekspektasi mulai naik pada minggu ini sebagai antisipasi terhadap pidato yang “hawkish” dari Yellen di Wyoming.

Kalau memang benar demikian yang terjadi, maka harga emas pada resistan bisa menjadi titik untuk dilihat dimana akan terjadi penghitungan ulang harga yang klasik dengan ekspektasi pasar terpaksa menghadapi realitasnya yang berlawanan.
SOLID GOLD LAMPUNG

Sumber : Vibiznews