SOLID GOLD – Harga Emas Naik Seiring Pelemahan Bursa Asia

SOLID GOLD LAMPUNG – Kenaikan suku bunga dua hingga tiga suku bunga lainnya dari Federal Reserve kemungkinan akan menempatkan biaya pinjaman Amerika Serikat di wilayah “netral” di mana itu tidak merangsang atau membatasi pertumbuhan ekonomi, Presiden Federal Reserve Dallas Robert Kaplan mengatakan pada hari Jumat.

Cadangan emas Rusia mencapai 65,5 juta troy ons pada awal Oktober, bank sentral mengatakan pada hari Jumat.

Festival utama membawa sedikit aktivitas ke pasar emas fisik di India minggu lalu karena pembelian tetap jauh lebih rendah dari biasanya.

Diperkirakan harga emas berpotensi naik jika pelemahan bursa Asia terus berlanjut. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,230-$ 1,232, dan jika turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,226-$ 1,224.

Harga emas bergerak lebih tinggi pada Senin pagi ini, mendekati puncak tertinggi 2,5 bulan pekan lalu, karena saham Asia jatuh di tengah meningkatnya ketegangan politik dan kekhawatiran atas perlambatan pertumbuhan ekonomi global.

Harga emas spot LLG naik 0,1 % pada $ 1,227.56 per ons pada 0039 GMT. Pada 15 Oktober, emas menyentuh tertinggi sejak 26 Juli di $ 1,233.26.

Harga emas berjangka Amerika Serikat naik 0,2 % menjadi $ 1,230.60 per ons.

Pasar saham Asia jatuh baru pada Senin karena investor bersiap untuk puncak musim laba Amerika Serikat sementara kecemasan atas Arab Saudi, Italia dan Brexit memicu ketegangan geopolitik.

SOLID GOLD

Arab Saudi pada hari Minggu menyebut pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi di konsulat Istanbulnya sebagai kesalahan besar, tetapi berusaha untuk melindungi putra mahkota kuatnya dari krisis yang meluas, mengatakan bahwa Muhammad bin Salman tidak sadar.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan Washington akan mengundurkan diri dari perjanjian Perang Dingin yang menghapuskan rudal nuklir dari Eropa karena Rusia melanggar pakta itu, yang memicu peringatan tindakan pembalasan dari Moskow.

Pemerintah Italia mengharapkan Komisi Eropa untuk memutuskan untuk pertama kalinya pada hari Selasa untuk meminta negara anggota untuk merevisi rancangan anggarannya, sumber pemerintah mengatakan pada hari Minggu.

Perdana Menteri Theresa May akan memberitahu parlemen pada hari Senin bahwa 95 % dari kesepakatan perceraian Inggris kini telah diselesaikan tetapi akan mengulangi penentangannya terhadap proposal Uni Eropa untuk perbatasan darat dengan Irlandia Utara.

Prospek pertumbuhan global pada 2019 telah meredup untuk pertama kalinya, menurut jajak pendapat ekonom Reuters yang mengatakan perang perdagangan Amerika Serikat – China dan pengetatan kondisi keuangan akan memicu penurunan berikutnya.

Sengketa atas tarif Amerika Serikat dan tindakan balas dendam oleh negara-negara lain telah memicu 12 permintaan untuk ajudikasi di Organisasi Perdagangan Dunia, menandakan eskalasi ketegangan perdagangan global.
SOLID GOLD

Sumber : Vibiznews