SOLID GOLD – Harga Emas Turun 1 % Setelah Keputusan ECB; Kegagalan Kemenangan Mayoritas May Picu Sentimen Bullish

SOLID GOLD LAMPUNG – Diperkirakan harga emas selanjutnya berpotensi naik setelah hasil exit poll pemilu Inggris gagal memenangkan suara mayoritas Partai Konservatif PerdanamMenteri Theresa May, yang akan memicu kebuntuan politik Inggris, yang dapat memicu permintaan aset safe haven seperti emas. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance 1,284 – $ 1,288, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,278 – $ 1,276.

Harga Emas tergelincir pada akhir perdagangan Jumat dinihari tadi pasca pertemuan kebijakan ECB yang membuat euro melemah terhadap dolar AS dan kehati-hatian investor menunggu hasil pemilihan nasional Inggris.

Kemarin harga emas bergerak stabil di level $1286 pada awal sesi perdagangan Asia hari Kamis usai kesaksian tertulis dari mantan direktur FBI James Comey menjelang penampilannya di Kongres tampaknya mengandung beberapa kejutan, di tengah investor juga bersiap untuk pemilu Inggris dan pertemuan kebijakan European Central Bank pada malam ini.

Comey pada hari Rabu mengatakan bahwa Presiden AS Donald Trump meminta dia untuk membatalkan penyelidikan terhadap mantan penasihan keamanan nasional Michael Flynn sebagai bagian dari penyelidikan terkait campur tangan Rusia dalam pemilu Presiden di tahun 2016.

Perdana Menteri Inggris Theresa May menghadapi para pemilh pada hari Kamis dalam sebuah pemilu dimana dia menyerukan untuk memperkuat barisan dalam pembicaraan tentang Brexit, dengan otoritas personalnya dipertaruhakn setelah sebuah kampanye menunjukkan bahwa dia unggul dalam jajak pendapat terakhir.

Sementara itu European Central Bank kemungkinan akan mempertahankan kebijakan moneternya pada pertemuan hari Kamis seiring inflasi yang masih di bawah target meskipun pertumbuhan ekonomi yang kuat di zona Euro.

Euro turun setelah Bank Sentral Eropa memangkas perkiraan inflasi dan mengatakan bahwa pembuat kebijakan tidak membahas penskalaan kembali program pembelian obligasi raksasa.

Euro yang lebih lemah terhadap dolar mengikis daya beli investor zona euro untuk emas, yang dibanderol dengan harga mata uang Amerika Serikat .

Harga emas spot turun 1,01 % pada $ 1,280.10 per ons di 1355 GMT.

Harga emas berjangka Amerika Serikat untuk pengiriman Agustus turun 1,2 % menjadi $ 1,277.40.

Investor menunggu hasil pemilihan Inggris dan kesaksian Comey, yang akan menjadi sorotan pada perselisihan antara dia dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Hal tersebut dan ketidakpastian lainnya memberi dukungan pada emas, yang kemungkinan akan melanjutkan rally pada akhirnya, bahkan jika koreksinya lebih rendah dalam jangka pendek, kata analis.

Pada logam mulia lainnya, paladium naik 2,31 % menjadi $ 847,35 per ons. Pada sesi sebelumnya, ia mencapai level tertinggi dalam hampir tiga tahun namun melepaskan kenaikan awal untuk turun 2,3 % lebih rendah.

Platinum turun 0,83 % menjadi $ 939,70 sementara perak turun 1,05 % menjadi $ 17,435.
SOLID GOLD

Sumber : Vibiznews