SOLID GOLD – Harga Emas Turun Terpicu Rencana Bank Sentral Kurangi Pelonggaran Moneter

SOLID GOLD LAMPUNG – Diperkirakan harga emas berpotensi naik terpicu pelemahan dollar Amerika Serikat dan bursa Wall Street. Harga emas diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,248-$ 1,250, dan jika harga bergerak turun akan menembus kisaran Support $ 1,244-$ 1,242.

Harga Emas turun pada akhir perdagangan Jumat dinihari tadi terpengaruh rencana beberapa bank sentral global untuk mengurangi pelonggaran kebijakan moneter mereka yang mendorong imbal hasil obligasi meningkat.

Harga emas spot LLG turun 0,19 % pada $ 1,246.42 per ons, sementara emas berjangka Amerika Serikat untuk Agustus menetap di $ 1245.80 per ons, turun $ 3,3.

Namun penurunan tersebut tertahan lebih jauh terbantu pelemahan dollar Amerika Serikat yang turun ke posisi terendahnya untuk tahun ini.

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga, yang meningkatkan biaya peluang menahan emas yang tidak menghasilkan. Namun, keuntungan dalam dollar, mengimbangi dampak imbal hasil yang lebih tinggi untuk menjaga rangebound emas.

Komentar hawkish dari bank sentral minggu ini mengisyaratkan era pelonggaran keuangan, yang membantu emas mencapai rekor tertinggi di $ 1.920,30 per ounce pada tahun 2011, mungkin akan datang melebih apa yang terjadi di Amerika Serikat.

Imbal hasil obligasi pemerintah 10-tahun Jerman mencapai lima minggu tertinggi dan euro berada pada puncak 14 bulan karena investor bersiap untuk prospek Bank Sentral Eropa mengurangi program stimulus moneternya yang besar.

Komentar dari kepala ECB Mario Draghi pada hari Selasa dilihat sebagai pembukaan pintu untuk kebijakan moneter, sementara Gubernur Bank of England Mark Carney juga menaikkan prospek kenaikan suku bunga Inggris dalam beberapa bulan mendatang minggu ini.

Komentar dari dua pembuat kebijakan Bank of Canada terkemuka juga telah meningkatkan harapan kenaikan suku bunga bulan depan.

Autocatalyst metal palladium telah menjadi pemain terbaik dari logam mulia utama pada kuartal ini, meningkat 8 %. Ini mencapai level tertinggi lebih dari 16 tahun bulan ini setelah lonjakan permintaan spekulatif mendorong logam melewati resistance grafik jangka panjang.

Palladium turun 0,77 % menjadi $ 848,40 per ons. Di antara logam mulia lainnya, perak 0,89 % lebih rendah pada $ 16,62 per ons setelah menyentuh level tertinggi dua minggu di $ 16,90 di awal hari, sementara platinum turun 0,47 % pada $ 915,20 per ons.
SOLID GOLD

Sumber : Vibiznews