SOLID GOLD – Dollar AS Sesi Asia 18 Agustus Dibuang ke Posisi Terlemah 5 Bulanakibat Fed Minutes

SOLID GOLD LAMPUNG – Rilis Fed minutes atau notulensi rapat kebijakan moneter bank sentral AS bulan Juli membuat dollar menyentuh level terendah harian terhadap yen, dan euro serta poundsterling menyentuh level tertinggi intraday terhadap dollar pada perdagangan Rabu.

Dollar AS di tengah perdagangan sesi Asia hari Kamis (18/8) bergerak lemah sekali setelah pelaku pasar menjual aset dollar mereka dan memilih investasi berdenominasi rival-rival utama dollar. Pasar meragukan kekuatan dollar AS setelah risalah pertemuan FOMC bulan lalu dirilis, sehingga nilai kurs utama global tersebut anjlok lagi masuki hari kelima berturut.

Dalam notulensi tersebut menunjukkan peluang kenaikan suku bunga di bulan September masih terbuka, namun pelaku pasar masih pesimis hal tersebut akan terjadi. Peluang kenaikan suku bunga bulan depan diperkirakan hanya 12%, sementara di bulan November sebesar 16 %, dan 48 % di bulan Desember.

Rilis notulensi tersebut juga menunjukkan perbedaan pandangan para pembuat kebijakan dalam menentukan kenaikan suku bunga. Mayoritas para pembuat kebijakan juga ingin melihat dan yakin inflasi akan naik menuju target 2%. Pejabat lainnya melihat pasar tenaga kerja AS hampir pulih sepenuhnya dan suku bunga dapat dinaikan segera.

Indeks dollar terhadap mata uang utama terpantau melanjutkan pelemahan sekitar 0,18 % dikisaran 94.635 pada awal perdagangan Kamis, sementara emas naik 0,24 % dikisaran 1351.46 pada pukul 6.23 WIB.

Sebelumnya pada perdagangan sesi Amerika dollar sempat memimpin perdagangan namun setelah Fed minutes dirilis pasar langsung menjual dollar cukup besar. Risalah tersebut menunjukkan Fed masih belum mau menaikkan suku bunganya menimbang data-data ekonomi yang belum mendukungnya. Setelah itu rival-rival utama khususnya euro dan pound langsung melesat yang diikuti mata uang lainnya.

Untuk perdagangan hari ini pergerakan dollar masih sulit bergerak bullish meskipun data penting pada sesi Amerika untuk data Philly Fed manufacturing index berusaha memberikan sentimen positif. Namun data unemployment claims malam ini dapat memberikan sentimen negatif.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan bergerak negatif setelah sebelumnya ditutup melemah tipis pada posisi 94.71 dan pagi ini dibuka pada posisi 94.70. Posisi dollar kini sedang berada di posisi terburuk selama 5 bulan terakhir.
SOLID GOLD LAMPUNG

Sumber : Vibiznews