SOLID GOLD LAMGPUNG – Harga Emas jatuh ke terendah dua pekan pada akhir perdagangan hari Rabu di AS terpicu harapan bahwa Inggris akan memilih tetap di Uni Eropa mengurangi penghindaran risiko.

Harga logam mulia ini turun hampir 2 persen pada hari Selasa setelah dua jajak pendapat yang memperkirakan pemilih akan memilih pada hari Kamis untuk tinggal di Uni Eropa. Kekhawatiran atas suara Brexit telah mengirimkan emas ke dekat dua tahun tertinggi minggu lalu.

Harga emas spot emas sempat mencapai level terendah dua minggu di $ 1,261.01 per ons dan berakhir turun 0,29 persen pada $ 1,265.10 per ons, sedikit berubah dari akhir Selasa.

Sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman Agustus turun 0,2 persen pada $ 1.270 per ons.

“The CFTC (Commodity Futures Trading Commission) pada Jumat malam melaporkan rekor tinggi posisi panjang bersih emas,” kata analis Commerzbank Daniel Briesemann. “Apa yang kita lihat sekarang adalah bahwa, karena perubahan dalam opini publik berkenaan dengan suara Brexit besok, spekulan menutup posisi panjang untuk membatasi kerugian,” katanya.

Suara untuk meninggalkan blok 28-negara ini bisa berujung Eropa kembali ke resesi, menempatkan lebih banyak tekanan pada ekonomi global dan meningkatkan daya tarik emas sebagai aset counter-cyclical, kata para analis.

SOLID GOLD

Investor juga mengawasi jalur suku bunga AS. Ketua Federal Reserve Janet Yellen mengatakan pada hari Selasa bahwa kemampuan Fed untuk menaikkan suku bunga tahun ini mungkin bergantung pada rebound dalam data pekerjaan AS.

Kepemilikan emas terbesar di dunia yang didukung bursa ETF, SPDR Gold Shares, naik 0,39 persen menjadi 912,33 ton pada hari Selasa, tertinggi sejak September 2013.

Di antara logam mulia lainnya, perak berjangka turun 0,25 persen pada $ 17,27 per ons, sementara platinum berjangka turun 0,4 persen pada $ 977,70 dan paladium berjangka naik 1,7 persen pada $ 560,80.

Harga emas berpotensi turun dengan semakin menguatnya harapan Bremain, yaitu suara Inggris tetap di Uni Eropa jelang referendum hari ini. Harga emas diperkirakan menembus kisaran Support $ 1,263-$ 1,261, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 1,267-$ 1,269.

SOLID GOLD

http://vibiznews.com/2016/06/23/harga-emas-jatuh-terendah-2-minggu/