SOLID GOLD – Harga Emas Melonjak 2 Persen Setelah ECB Mempertahankan Suku Bunga

SOLID GOLD LAMPUNG – Harga Emas menguat pada akhir perdagangan Jumat dinihari tadi, terpicu pelemahan dolar dan bursa Eropa setelah Bank Sentral Eropa mempertahankan suku bunga tidak berubah, namun data pekerjaan AS yang lebih baik dari perkiraan masih memberikan sentimen bearish bagi emas.

ECB mempertahankan suku pada rekor terendah karena berusaha untuk menghidupkan kembali pertumbuhan dan inflasi dengan kredit murah untuk perekonomian. ECB menambahkan bahwa masih mengharapkan suku bunga utamanya tetap pada tingkat saat ini atau lebih rendah untuk periode yang diperpanjang.

Presiden ECB Mario Draghi mengatakan pada konferensi pers pasca-pertemuan itu bahwa bank sentral zona euro siap untuk mengambil tindakan lebih untuk mengangkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi jika diperlukan.

Harga emas spot naik 1,27 % pada $ 1,332.30 per ons, setelah menyentuh $ 1,310.56, terendah sejak 28 Juni.

Sedangkan harga emas berjangka AS naik 0,85 % pada $ 1,330.50 per ons. Emas berjangka ditutup pada $ 1.331 per ons pada hari Kamis.

Indeks dolar, yang mencapai lebih dari empat bulan pada hari Rabu, tergelincir 0,22 % terhadap sekeranjang enam mata uang, juga pada laporan bahwa Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda telah mengesampingkan menggunakan “helikopter money” untuk merangsang perekonomian Jepang.

Mata uang AS telah diuntungkan akhir-akhir ini dari data ekonomi yang lebih kuat dari perkiraan, yang meningkatkan harapan bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga sebelum akhir tahun.

Pada hari Kamis, data menunjukkan klaim untuk tunjangan pengangguran negara merosot ke angka terendah sejak April.

Harga emas pada perdagangan selanjutnya berpotensi menguat dengan potensi pelemahan bursa global dan dollar AS. Harga emas diperkirakan menembus kisaran Resistance $ 1,334-$ 1,336, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support $ 1,330-$ 1,328.
SOLID GOLD LAMPUNG

Sumber : Vibiznews