SOLID GOLD – Jenis Jenis Kambing Di Seluruh Dunia

SOLID GOLD LAMPUNG – Di Hari raya Idul Adha, binatang berkaki empat berikut ini pasti sering banget kamu temui dimana-mana gengs. Yap, binatang yang dimaksud adalah kambing. Ngemeng-ngemeng soal kambing, binatang berikut ini ternyata banyak macem-macemnya lho gaes. Di setiap negara jenisnya bisa beda beda dengan negara lainnya.

Penasaran seperti apa bentuk kambing di berbagai negara? yuk langusung aja kita simak yang berikut ini cuy!

1. Valais Blackneck
Kambing valais blackneck atau adalah jenis kambing dengan warna bulu hitam-putih dan bertanduk panjang. Warna hitam ini kemungkinan yang menjadi asal nama black neck (leher hitam). Sementara setengahnya lagi berbulu putih. Bulu kambing ini sangat panjang dibandingkan kambing pada umumya.

Kambing yang lazim ditemukan di Swiss, Austria, Jerman dan Italia umumnya diternak untuk menghasilkan daging dan susu.

2. Pyrenean Ibex
Kambing Pyrenean Ibex ini merupakan jenis kambing yang berasal dari Spanyol dan Prancis. Namun sayang, kambing yang berciri khas memiliki leher besar ini dinyatakan punah pada tahun 2000 akibat perburuan yang dilakukan manusia.

3. Kalahari Merah
Kalahari merah adalah jenis kambing berukuran besar dan kekar dari Afrika Selatan. Sesuai namanya, kambing ini hidup di daerah panas dan kering, Kalahari.

4. Dutch Landrace
Sesuai dengan namanya, jenis kambing yang satu ini berasal dari Belanda. Jika sekilas diperhatikan, postur tubuh, tanduk dan bulu yang ia miliki hampir miri dengan kambing jenis Valais Blackneck.

Namun jika kengkawan lebih teliti lagi, yang membedakan antara Dutch Landrace dan Valais Blackneck adalah warnanya. Warna kambing asal Londo ini lebih variatif dibanding Valais yang punya warna hanya hitam dan putih.

5. Kasmir Australia
Kambing asal Ausie ini biasanya digunakan untuk kebutuhan industri, yakni untuk wol. Dengan bulu yang lebat, panjang dan halus, pas banget buat dijadikan pakaian hangat.

6. Kambing Pigmy
Kambing pygmy adalah jenis kambing berukuran kecil yang berasal dari Afrika Barat. Tubuh kambing pygmy benar-benar kecil walaupun sudah berusia dewasa. Kambing pygmy betina hanya mempunyai berat sekitar 23-34 kg.

Sementara yang jantan hanya sekitar 27-39 kg. Tinggi rata-rata kambing pygmy berkisar antara 41-58 cm saja. Kecil banget kan? Karena bentuknya yang kecil, kambing pygmy biasanya hanya dijadikan peliharaan biasa.

7. Kambing Damaskus
Kambing Damaskus hidup di daerah Syiria dan Lebanon, makanya dinamakan kambing Damaskus. Kambing ini juga dikenal dengan nama aleppo, chami, damascene, atau shami. Umumnya kambing damaskus diternakkan untuk produksi susu.

8. Kambing Gunung
Nama yang lebih umum dikenal sebenarnya mountain goat. Namun nama yang lebih tepat sebenarnya adalah rocky mountain goat. Kambing ini umumnya berbulu putih, bertanduk pendek dan memiliki kuku yang tajam di bagian pinggir.

Kuku inilah yang memungkinkan kambing ini memanjat tebing-tebing super terjal. Kambing gunung atau kambing rocky mountain ini bisa ditemui di wilayah yang memilik tebing terjal seperti Alaska, Amerika dan sebagian wilayah Asia.

Nah itu barusan beberapa jenis kambing yang ada di berbagai belahan dunia.
SOLID GOLD

Sumber : Dagelan