SOLID GOLD – Harga Minyak Mentah Sesi Asia Tertekan Kekuatiran Pasokan Berlimpah

SOLID GOLD LAMPUNG – Harga minyak mentah merosot di perdagangan Asia pada Rabu (27/07), karena pasokan berlimpah dan perlambatan pertumbuhan ekonomi membebani pasar, meskipun beberapa analis mengatakan bahwa downtrend saat ini akan mereda dan melihat pemulihan akhir tahun ini.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) berada di $ 42,87, turun 5 sen.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka patokan Internasional Brent diperdagangkan di $ 44,81 pada 0148 GMT, turun 6 sen dari penutupan sebelumnya.

Brent mencapai $ 44,14 hari sebelumnya, terendah sejak Mei, dan kontrak telah menumpahkan lebih dari 15 persen dalam nilai sejak memuncak pada bulan Juni sebagai kekenyangan produk olahan serta perlambatan pertumbuhan ekonomi menekan prospek permintaan minyak mentah.

Analis mengatakan mereka memperkirakan terjadi penurunan harga lebih jauh dalam jangka pendek sebagai kelebihan pasokan terus sementara pertumbuhan permintaan terhambat.

“Pandangan saya adalah bahwa harga minyak akan menemukan posisi rendah antara $ 39 dan $ 42 per barel selama beberapa minggu mendatang karena tekanan,” kata Ric Spooner, kepala analis pasar di CMC Markets di Sydney, Australia.

“Setelah itu, bagaimanapun, kita semakin mendekati melihat pasar yang seimbang lagi,” tambahnya, mengatakan bahwa $ 50-60 per barel akan mewakili keseimbangan pasokan dan permintaan tersebut.

Pasar minyak telah dirundung kelebihan pasokan dalam dua tahun terakhir, yang menyeret ke bawah harga sebanyak 70 persen antara tahun 2014 dan awal 2016, ketika Brent mencapai lebih dari satu dekade rendah sekitar $ 27 per barel.

Malam nanti pada sesi AS akan dilaporkan data persediaan minyak mentah mingguan AS oleh EIA yang diindikasikan akan terjadi penarikan lebih tinggi.

Diperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya di sesi AS berpotensi naik jika persediaan minyak mentah mingguan AS terealisir turun tajam. Harga diperkirakan akan menembus kisaran Resistance $ 43,40 – $ 43,90, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support 42,40 – $ 41,90.
SOLID GOLD LAMPUNG

Sumber : Vibiznews