SOLID GOLD – Pasar Asia Bangkit Dipimpin Bursa Saham Jepang

SOLID GOLD LAMPUNG – Saham Asia semakin menguat, bursa saham Jepang menuju reli terpanjang sejak April karena investor menunggu rincian dari rencana stimulus Perdana Menteri Shinzo Abe. Aset haven juga naik, dengan yen dan emas menguat searah dengan utang pemerintah Australia.

Indeks Topix naik berturut-turut di Tokyo, membangun keuntungan ke tingkat tertinggi dalam satu bulan di tengah spekulasi helicopter uang. Yen, yang biasanya bergerak berlawanan dengan saham Jepang, naik untuk hari kedua karena emas diperdagangkan kembali di atas $ 1.345 per ounce dan obligasi Australia bertenor 10 tahun turun untuk lima hari. Minyak berada di sekitar $ 45 per barel setelah jatuh hari Rabu dikarenakan kenaikan tak terduga dari persediaan bahan bakar AS.

Bursa saham Tokyo telah memimpin kebangkitan ekuitas Asia pekan ini, setelah Abe menjanjikan paket stimulus fiscal yang telah menghapus kerugian yang timbul akibat Brexit.

Para investor juga sedang mengamati para pembuat kebijakan di Inggris, di mana Bank of England diperkirakan akan menurunkan suku bunga pada hari Kamis ini dalam upaya untuk meningkatkan perekonomian menyusul keputusan negara untuk meninggalkan Uni Eropa.

Data ekonomi Asia yang akan keluar hari ini cukup banyak , Australia akan melaporkan data pekerjaan dan ekspektasi inflasi, Korea Selatan diperkirakan mempertahankan suku bunganya sementara Indonesia akan mengeluarkan data cadangan devisa. BOE akan mengurangi tingkat resmi bunga pinjaman sebesar 25 basis poin, atau 0,25 %, menjadi 0,25 %, demikian perkiraan para ekonom.

Mata Uang

Mata uang Jepang menguat 0,3 % menjadi 104,14 per dolar pada 09:29 di Tokyo.
Pound turun 0,2 % menjadi $ 1,3117 setelah sempat tenggelam 0,8 % pada Rabu di tengah naiknya Theresa May sebagai perdana menteri baru Inggris. Dolar Australia dan Selandia Baru juga turun setidaknya 0,1 %.

Saham

MSCI Asia Pacific Index naik 0,1 %, dan telah mencapai keuntungan empat hari sebanyak 3,8 %.
The Topix naik 0,3 %, sedangkan S & P / ASX 200 Index Australia meningkat 0,2 %, naik untuk sesi keenam. S & P / NZX 50 Index Selandia Baru naik 0,2 %, naik untuk kali ke-12 dalam 14 hari, sedangkan indeks Kospi di Seoul turun 0,2 %.

Indeks Hang Seng Hongkong dan Hang Seng China Enterprises indeks tergelincir setidaknya 0,1 % di sebagian besar perdagangan terakhir, dan FTSE Cina A50 Indeks turun 0,4 %. Demikian juga dengan FTSE 100 Index berjangka mundur 0,2 %.
SOLID GOLD LAMPUNG

Sumber : Vibiznes