SOLID GOLD – Penyebab Nafas Brosis Terasa Panas & Solusinya

SOLID GOLD LAMPUNG – Nafas terasa panas dapat dialami siapa saja dan relatif mudah disembuhkan jika pemicunya bukan merupakan sebuah penyakit yang telah bersarang didalam tubuh.

Penyebab

Nafas terasa panas yang disebabkan karena faktor eksternal, diantaranya :

1.Kondisi udara
Udara yang terlalu lembab dan panas dapat menyebabkan nafas terasa panas dirongga hidung yang muncul sebagai sinyal alami bahwa tubuh sedang melawan dalam bentuk pertahanan diri atau sedang melindungi dirinya sendiri agar kondisi stamina dan suhu tubuh tetap stabil.

2.Aktivitas berat
Aktivitas yang mengandalkan kekuatan otot dan membutuhkan energi tang terus menerus dapat menyebabkan suhu tubuh naik dan detak jantung lebih cepat sehingg nafas terasa panas.Kondisi ini menandakan jika tubuh sedang menjaga keseimbangan aliran darah dan banyaknya energi yang dikeluarkan oleh tubuh saat aktivitas berlangsung.

4. Stres
Stres dapat menyebabkan sistem pernafasan beraksi lebih cepat bahakan tidak terkendali sehingga hormon adrenalin akan meningkat diiringi dengan detak jantung yang tidak beraturan ini. Kondisi ini mengganggu kelancaran sistem pernafasan mucul dengan gejala awal nafas terasa panas.

5. Penurunan daya tahan tubuh
Tubuh yang mengalami kelelahan luar biasa, Pegal pegal badan dan nyeri pada sendi dapat mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh yang gejala awalnya berupa nafas terasa panas dan penurunan stamina secara cepat.

Nafas terasa panas yang disebabkan karena sebuah penyakit atau faktor internal, Diantaranya:

1.Pilek
Pilek yang diiringi dengan sakit kepala berkepanjangan dapat menyebabkan kumpulan cairan terjebak dan mengendap didalam rongga hidung dan tenggorokan sehingga menyebabkan fungsi pernafasan tersendat, Kondisi inilah yang memicu nafas terasa panas .

2.Gondongan atau gondok
Gondongan atau penyakit gondok adalah penyakit yang disebabkan karena serangan virus diarea kelenjar parotid dan menyebabkan bengkak di leher yang memicu munculnya nafas terasa panas berkepnajangan yang bisa muncul secara tiba tiba.
Baca juga: Cara mencegah gondok

3. Radang gusi
Gusi yang mengalami peradangan dan pembengkakan maka rasa nyerinya bisa meluas kearah jaringan kepala, Telinga dan bagian rahang sehingga mengganggu jalnnya aliran darah yang dapat menyebabkan nafas terasa panas selama radang gusi belum disembuhkan.

4. Radang tenggorokan
Gejala radang tenggorokan dapat menyebabkan rasa nyeri yang menjalar kebagian rahang, Kelenjar pada bagian leher dan menimbulkan sakit kepala. Radng tenggorokan dapat pula menimbulkan gangguan pada sistem pernafasan yang menjadi penyebab munculnya nafas teras panas.

5.Gangguan pada sendi temporomandi
Gangguan sendi temporomandi adalah terrjadi peradangan antara saluran rahang bagian bawah dengan tulang kepala bagian temporal yang letaknya sangat berdekatan dengan rongga telinga. Kondisi ini dapat mengacaukan fungsi dari pernafasan yang menimbulkan nafas terasa panas.

6.Peradangan sinus (sinusitis)
Peradangan jangka panjang pada area sinus mengakibatkan keluarnya sinus yang bentuknya seperti gumpalan daging didalam rongga hidung yang menyumbat pernafasan sehingga menyebabkan nafas terasa panas dan tidak lancar akibatnya akan muncul keluhan kesehatan diseputar jaringan kepala misalnya sakit kepala.

7. Sakit kepala kronis
Akibat Sakit kepala yang muncul dalam jangka panjang dan sering kambuh misalnya migrain dapat menyebabkan terganggunya sistem pernafasan hingga membatasi masuknya oksigen secara normal melalui rongga hidung, Akibatnya sebagai pertahanan tubuh terhadap kondisi ini nafas teras panas .

8. Penyakit autoimun
Penyakit autoimun misalnya diabetes melitus, Radang usus kronis, Penyakit graves, Penyakit lupus, Gejala penyakit Vitiligo, Peradangan sendi atau yang berhubungan dengan arthritis dapat mempengaruhi kelancaran dari fungsi dari pernafasan manusia yang awalnya berupa nafas terasa panas, Tubuh mudah merasa lelah dan kesulitan untuk tidur atau terserang insomnia.

Solusi Terbaik

Ada dua cara mengatasi nafas terasa panas yang dapat dilakukan tetapi disesuaikan dengan penyebabnya.

1. Tips cara mengatasi nafas terasa panas yang bukan disebabkan karena adanya gejala penyakit tertentu, Diantaranya:
1.Menghirup uap
Menghirup uap dari air panas hasil dari rebusan daun sirih bermanfaat untuk meredakan gejala pilek, Melegakan pernafasan, Tubuh kelelahan, Tubuh lemas karena kurang tidur, dan mengatasi nafas terasa panas menjadi normal kembali.

2.Suplemen vitamin C
Vitamin C mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki kerusakan jaringan didalam tubuh termasuk gangguan pada sistem pernafasan dan kelainan yang terjadi dirongga hidung akibat serangan radikal bebas dan polutan udara yang kotor yang menjadi pemicu munculnya nafas terasa panas.

3. Minuman jahe dan kunyit
Jahe dan kunyit dapat diparut lalu seduhlah dengan air panas matang lalu tambahkan madu secukupnya serta perasan jeruk nipis. Setelah air menjadi hangat maka dapat disaring terlebih dahulu untuk kemudian dikonsumsi. Minumlah ramuan sehat yang nikmat ini 2 kali sehari agar sistem pernafasan dapat kembali normal. Minuman ini cocok bagi orang orang yang memiliki aktivitas rutin yang menyita banyak tenaga, Waktu dan pikiran.

4. Teh hijau
Teh hijau mengandung senyawa yang dapat melindungi jaringan tubuh dari kerusakan akibat serangan bakteri atau radikal bebas yang menyebabkan penyumbatan saluran pernafasan yang juga bisa menjadi penyebab nafas terasa panas. Minumlah teh hijau 2 kali sehari secara teratur untuk mengatasi gangguan pernafasan dan upaya pencegahan dari gangguan sistem pernafasan dimasa depan.

5.Kayu manis, Madu dan lemon
Satu batang kayu manis yang dicampur dengan madu dan perasan lemon dalam takaran satu gelas air matang panas dapat menjadi obat tradisional ampuh dalam mengatasi masalah gangguan pernafasan termasuk nafas terasa panas. Minuman sehat ini dapat pula menurunkan kadar gula dalan darah dan meningkatkan daya tahan tubuh.
SOLID GOLD

Sumber : Halosehat