Prediksi Emas Minggu Ini: Emas Mengarah Ke $1,600? – Solid Gold

Solid Gold Lampung – Metal kuning berperang menghadapi sentimen “ risk – on ” pada minggu lalu namun berhasil untuk bertahan diatas level $ 1,550 per ons dan bahkan meningkat sekitar 0.8 % pada minggu lalu. Emas berjangka Comex bulan Februari terakhir diperdagangkan pada $ 1,572.40, naik 0.45 % pada hari itu.

Bank sentral Amerika Serikat, the Fed, akan mengadakan pertemuan pada minggu ini yang akan diikuti dengan konferensi pers. Konsensusnya adalah bank sentral Amerika Serikat akan tetap mempertahankan tingkat suku bunga tidak berubah. The Fed saat ini cenderung “ dovish ” sebagaimana yang terlihat di dalam pernyataannya atau dalam pembicaraannya pada waktu konferensi pers pada pertemuan yang lalu. Hal ini akan mendorong naik harga emas.

Emas mendapatkan banyak dukungan dan memiliki ruang untuk naik lebih tinggi pada minggu ini dengan para analis memandang kepada pertemuan Federal Reserve ( FOMC ) dan merebaknya virus corona serta kemungkinan adanya ketegangan geopolitik yang baru pada minggu ini.

Sentimen pasar dengan cepat bergerak dari “ risk – on ” menjadi “ risk – off ” dengan saham – saham Amerika Serikat dijual dengan cepat. S&P 500 turun hampir 40 poin di 3285.70, penurunan 1.2 %, terutama disebabkan merebaknya wabah virus corona di Cina. Penyebaran virus ini bisa menghasilkan kondisi yang membawa kepada perlambatan ekonomi global. Cina telah mengkonfirmasi sebanyak 830 kasus virus corona dan penghitungan resmi kematian sebanyak 26 orang.

“ Dovish ” nya Fed dan ketakutan akan virus corona membuat metal kuning mengarah untuk mengetes ulang “ resistance ” psikologis di $ 1,600. Sementara itu masih ada potensi meningkatnya ketegangan politik di Libya dan Irak yang bisa menjadi faktor yang positip bagi harga emas.

Pergerakan “ bullish ” harga emas ini, namun bisa melemah jika data – data makro ekonomi kunci Amerika Serikat seperti data inflasi, GDP dan Durable Orders Goods, muncul dengan bagus, mengalahkan yang diperkirakan dalam jumlah yang signifikan, yang bisa mendorong saham dan assets beresiko lainnya naik lebih tinggi.

Kenaikan harga emas menghadapi “ resistance ” terdekat $ 1,587 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke “ resistance ” yang solid di level psikologis $ 1,606. Sedangkan “ support ” terdekat menunggu di $ 1.568 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke $ 1,548 dan kemudian $ 1,529.
Solid Gold

Sumber : vibiznews