Solid Gold – Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 11 November 2019

Solid Gold Lampung – Assets “ safe – haven ” berada pada performance terburuk pada minggu lalu, termasuk obligasi Amerika Serikat. Imbal hasil 10 tahun lompat dari dibawah 1.7 % menjadi 2 % dan juga membebani emas. Selain itu agak menguatnya dollar Amerika Serikat yang mengalami “ rebound ” juga memberi kontribusi bagi penurunan harga emas. Indeks dollar Amerika Serikat ( DXY ) bangkit dari kerendahan selama dua bulan dekat 97.00 dan menutup minggu lalu disekitar 98.49, ditengah menurunnya ekspektasi pemangkasan tingkat suku bunga dari Federal Reserve.

Emas dibuka pada minggu lalu dengan mengetes “ resistance ” di $ 1,515 namun gagal untuk menembus naik melewatinya dan malah membuat “ reversal ” yang tajam, kehilangan lebih dari $ 50 selama seminggu, “ performance ” mingguan terburuk di dalam bertahun-tahun. Penurunan di dalam harga emas mengakhiri bulan – bulan “ range trading ” dengan “ bearish breakout ”.

Faktor – faktor tehnikal memberikan dukungan terhadap percepatan penurunan yang dipicu oleh perbaikan di dalam sentimen pasar. Optimisme mengenai kesepakatan perdagangan antara Amerika Serikat dengan Cina mendorong naik minat terhadap resiko.

Berita – berita perdagangan Amerika Serikat – Cina kemungkinan akan lanjut memberikan dampak yang signifikan terhadap sentimen pasar. Sekarang dengan sebagian persetujuan telah diperhitungkan di dalam harga, resiko dalam beberapa hari berikutnya bisa di putar kearah yang berlawanan dan bisa membantu emas mendapatkan “ support ” atau membatasi penurunan. Data ekonomi dari Cina akan keluar minggu ini dan sebagian ekonomis berharap mengkonfirmasi tanda-tanda dari pemulihan yang moderat yang bisa membantu minat terhadap resiko.

Beberapa anggota FOMC, termasuk Gubernur Powell, diskedulkan untuk membuat pidato publik. Juga disini resiko terputar pada arah yang berlawanan dengan tingkat tukar sekarang berada pada arah yang berlawanan dengan “ rate ” pasar sekarang menuju ke pada tidak adanya pemangkasan tingkat bunganya lagi di bulan Desember.
Imbal hasil yang lebih tinggi, menguatnya dollar Amerika Serikat dan sentimen terhadap resiko, semua membebani metal berharga. Outlook menunjuk kepada penurunan, namun beberapa konsolidasi bisa terjadi setelah penurunan $ 50.

Sebegitu jauh, emas berhasil bertahan di$1450 dan sekarang berada di $1460. Konsolidasi dibawah $ 1460 akan membuka jalan kepada kerugian yang lebih banyak, dengan target $ 1440 dan “ support ” berikutnya ada di $ 1430. Kondisi “ oversold ” jangka pendek bisa memberikan dukungan bagi konsolidasi. Pemulihan kembali keatas $ 1485 bisa menyingkirkan tekanan “ bearish ”, menandakan akan kembali ke rentang sebelumnya $ 1515 / $ 1480.
Solid Gold

Sumber : vibiznews