SOLID GOLD – Harga Emas Merosot; Ketidakpastian Politik Jerman dan Amerika Serikat Bisa Jadi Sentimen Bullish

SOLID GOLD LAMPUNG – Diperkirakan harga emas selanjutnya berpotensi naik dengan ketidakpastian kondisi politik di Jerman dan Amerika Serikat, juga upaya bargain hunting setelah harga emas terperosok. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,278-$ 1,280, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,274-$ 1,272.

Harga Emas turun pada akhir perdagangan Selasa dinihari tadi tertekan penguatan dollar Amerika Serikat, namun ketidakpastian politik dan ekonomi di Jerman dan Amerika Serikat dapat memberikan sentimen bullish.

Harga emas spot LLG turun 1,43 % pada $ 1,275.80 per ons, dari puncak Jumat di $ 1,297, terkuat sejak 16 Oktober.

Harga Emas berjangka Amerika Serikat untuk bulan Desember turun di $ 1,275.30 per ons.

Harga emas terpantau turun pada hari Senin oleh dollar Amerika Serikat yang menguat, namun tetap di dekat sekitar level tertinggi satu bulannya yang disentuh pada sesi hari sebelumnya karena ketidakpastian kemajuan dalam potensi perombakan program pajak Amerika Serikat.

Harga spot emas telah turun 0,2 % menjadi $1,290.71 per ounce pada Senin siang WIB ini. Pada hari Jumat, harga emas melonjak sekitar 1,3 % untuk menandai posisi satu bulan tertingginya di $1,297.

SOLIDGOLD

“Pergerakan emas lebih tinggi di hari Jumat pastinya telah menaikkan chart pattern emas, namun tetap harus dilihat apakah hal ini akan cukup untuk menarik pembelian dana segar baru,” sebut analis INTL FCStone dalam sebuah catatan, seperti yang dikutip CNBC kemarin.

Spot emas mungkin akan menguji kembali resistance di $1.298 per ounce. Bila tembus di atas, bisa mengarah pada penguatan ke level resistance berikutnya di $1.309, demikian menurut analis teknis Reuters Wang Tao.

Sementara itu, analis Vibiznews melihat bahwa emas spot dunia mengarah melewati arena konsolidasi pasar. Resistance terdekatnya terlihat ada di $1.296 dan $1.306. Sedangkan level support bila ditekan penguatan dollar, ada di level $1.1274 dan berikutnya $1.1269.

Di dalam negeri, harga emas spot dalam rupiah naik tipis ke Rp561.472 per gram-nya dibandingkan Rp557.178 pada perdagangan pasar sebelumnya. Sementara itu, harga emas ANTAM terpantau naik ke Rp628.607 per gramnya, dibandingkan harga pasar pada Jumat kemarin di Rp623.562.

SOLID BERJANGKA

Dolar AS menguat terhadap euro setelah upaya Kanselir Jerman Angela Merkel untuk membentuk pemerintah koalisi tiga arah gagal. Merkel mengatakan bahwa dia akan memberi tahu presiden Jerman bahwa dia tidak dapat membentuk sebuah koalisi, setelah Demokrat Liberal pro-bisnis (FDP) menarik diri dari negosiasi.

Prospek suku bunga Amerika Serikat yang lebih tinggi di bulan Desember saat Federal Reserve bertemu juga membantu kenaikan dolar terhadap mata uang utama lainnya seperti yen.

Tingkat bunga yang lebih tinggi biasanya berarti penjualan obligasi bertingkat pendek, mendorong imbal hasil dan membuatnya lebih murah bagi investor lain, menawarkan keuntungan lebih tinggi daripada emas yang tidak menghasilkan apa-apa dan memerlukan biaya untuk menyimpan dan mengasuransikan.

Namun, kekhawatiran tentang penyelidikan dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden tahun 2016 Amerika Serikat dan reformasi pajak di Amerika Serikat diperkirakan dapat membantu mempertahankan emas.

Perak turun 2,3 % pada $ 16,89 per ons dan platinum turun 3,1 % menjadi $ 921,24. Palladium turun 0,56 % menjadi $ 987,70 per ons.
SOLID GOLD

Sumber : Vibiznews