SOLID GOLD – APA ITU THR ?

SOLID GOLD LAMPUNG – THR adalah pendapatan pekerja yang wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada karyawan atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan yang berupa uang atau bentuk lain.

Kewajiban Membayar THR
Permenaker 04/1994 mengatur setiap orang yang mempekerjakan orang lain (baik perusahaan perorangan, perseroan terbatas, yayasan, atau perkumpulan) wajib membayar THR. Pasal 2 Permenaker 04/1994 mengatur bahwa pengusaha wajib membayar buruh yang sudah bekerja secara berturut-turut selama 3 bulan atau lebih. Besarnya THR sebagaimana diatur dalam Pasal 3 Permen 04/1994 adalah (minimal) sebagai berikut:
Masa kerja 12 bulan atau lebih : 1 x upah sebulan. (upah pokok + Tunjangan tetap)
Masa kerja 3-12 bulan : jumlah bulan masa kerja dibagi 12 bulan dikalikan 1 bulan upah.

THR harus dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamanaan si pekerja. Asal ada kesepakatan antara pengusaha dan karyawan THR bisa diberikan pada hari lain. THR bisa diberikan dalam bentuk selain uang dengan syarat sebagai berikut:
Harus ada kesepakatan antara pekerja dan pengusaha terlebih dahulu,
Tak lebih dari 25% dari seluruh nilai THR.
Selain minuman keras, obat-obatan, dan bahan obat, serta
Diberikan bersamaan pembayaran THR.

THR tetap menjadi hak pekerja yang di PHK maksimum 30 hari sebelum Hari Raya si pekerja. Buruh kontrak yang berakhir kontraknya paling lama 30 hari sebelum Hari Raya tidak berhak atas THR. Pembayaran THR lebih kecil dari ketentuan hanya diperbolehkan dengan syarat
(1) Mengajukan permohonan penyimpangan jumlah pembayaran THR kepadaDirektur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi
(2) diajukan paling lambat 2 bulan sebelum Hari Raya karyawannya
(3) besarannya ditentukan oleh Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

SOLID GOLD LAMPUNG

Dan ini beberapa referensi untuk memanfaatkan THR dengan BIJAK

1. Ingat Orang Tua
Hal yang perlu diingat jika kalian masih memiliki Ortu, Jangan sampai dilupakan ya. Mereka lah yang berjasa kepada kita. Berikanalah sesuatu yang benar-benar bermafaat bagi mereka terutama saat momen lebaran. Bisa juga kalian memberikan sesuatu yang mereka sukai ataupun yang mereka inginkan namun belum kesampaian. Misalnya bisa kamu belikan Smartphone yang mudah dioprasikan oleh orang tua. Dengan hal itu kalian bisa saling menggunakan video call saat kalian jauh dari mereka. Asikkan namun,pastinya harus sesuaikan dengan baget yang kalian anggarkan ya.

2. Menyenangkan Istri dan Anak
Kalian bisa menggunakan untuk kebutuhan istri dan anak. Mereka akan senang jika kamu berikan kejutan. Belikanlah sesuatu yang mereka suka tentunya. Sehingga uang THR kalian bisa digunakan dengan baik dan bijak.

3. Menjadi Sedekah
Jika masih ada orang disekitar kalian, maka THR ini bisa menjadi rejeki mereka saat lebaran. Jadi tidak ada lagi oarang yang bersedih saat momen lebaran disekitar kita. Memperbanyak amal baik akan menjadi menyenangkan terutama di bulan kemulyaan ini.

4. Untuk Angpau
Pada saat lebaran biasanya banyak sekali keponakan yang masih kecil-kecil datang kerumah. Tampangnya yang polos dan lucu ini tidak akan kita temui jika mereka sudah besar pastinya. Pada saat momen ituah kalian bisa memberikan THR menjadi angpau buat mereka. Ya dengan jumlah yang secukupnya tentunya. Bisa buat jajan mereka dan mereka senang deh.

5. Di Tabung
Jika ada tunjangan yang sisa, bisa juga kalian tabung. Memang ini terserah kalian yang punya THR yang penting gunakan uang tersebuat sebijak dan banyak manfaatnya deh. Sebab inikan bonus, sedangkan gaji sudah dapat tiap bulan/minggu kan. Jadi jangan terlalu pusing-pusing deh dengan THR.

Memang kalau rejeki gak akan kemana-mana yang penting kita berusaha menjemput tentunya. Maaf ya jika ada yang tidak pas untuk dibaca. Silahkan bisa diambil hal-hal yang sekiranya baik dan bermaanfaat. Semoga bisa membantu ya untuk menjadi lebih bermanfaat THRnya. Sekian dan Terima Kasih.

SOLID GOLD LAMPUNG