Yamaha Scorpio reborn dengan mesin 250cc di India Namanya FZ25 – SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – Yamaha menyebut FZ25 sebagai “The powerful 249 cc Mid-class Street Fighter offers high performance & superb controls”. jiiiiir… serem ih sebutannya. Memang cukup lumayan sih speknya. Walau masih mengusung mesin SOHC 2 katup, namun FZ25 dibekali mesin cukup besar yakni 249cc….melar dari kalajengking ditanah air yang hanya 225cc beberapa tahun lalu. Dan juga mesin ini sudah dicangkokin pengabut bahan bakar injeksi. Terus berapa muntahan powernya brosis ??…

Nah, FZ25 mampu memuntahkan tenaga hingga 20.9PS @8000RPM dengan torsi 20Nm @6000RPM. Yah, memang secara spek sekilas tidak istimewa. Namun ingat, bobot motor ini ternyata cukup ringan, yakni sekitar 148 kg, jadi tetap nampol brosis. Selain itu, konsep pembuatan lebih dititik beratkan pada kenyamanan turing, bukan racing ya brosis. Makanya jangan hanya dilihat dari sisi power saja. Adapun beberapa kelebihan FZ25 adalah :

– Full LED lamp (didepan dan dibelakang)
– Irit, diklaim mampu menjelajah hingga 43 km/liter
– Emisi gas buang yang ramah lingkungan
– Efisiensi pembakaran yang terbaik (combustion control)
– Cooling sistem yang lebih efisien
– Piringan disk lebar 282 mm di depan dan di belakang 220 mm
– Kapasitas tanki bahan bakar 14 liter (model kondom)

Sayangnya, FZ25 masih mengusung 5 speed gear. Hal ini mengingatkan kita kembali pada sikalajengking. Lalu sang street fighter ini pun belum dibekali rem ABS. Perlu nggak perlu sih tapi seharusnya pabrikan bisa memberikan opsi ABS agar makin lengkap. Yang asyik bih brosis, diatas semuanya, pabrikan garputala menjual sang kuda besi dengan harga yang sangat terjangkau. BERRRAPA??. Hanya INR 1,19,500 atau kalau dikonversi kerupiah berkisar 23,5 jutaan. Gox gak tuh..?

And last, belum jelas apakah YIMM berminat membawa sang street fighter ketanah air. Jika mereka ingin memperketat segmen, seharusnya kehadiran FZ25 di Indonesia memiliki potesi yang besar. Apalagi jika pada saat masuk nanti mengusung nama Scorpio-Z 250 Reborn. IMHO akan banyak biker yang tertarik. Banderol dipasang diangka 29 jutaan dengan target para peturing yang suka motor bandel dan tangguh.
SOLID GOLD

Sumber : iwanbanaran