PT Solid Gold SMG – Bursa Saham Jepang menguat, Indeks Topix memperpanjang level 6 tahun tertingginya terkait spekulasi bahwa Perdana Menteri Shinzo Abe akan menunda kenaikan pajak penjualan dan menyerukan diadakannya pemilu.

Indeks Topix catat gain 0.7% ke level 1,385.27 pukul 9:01 pagi waktu Tokyo setelah kemarin ditutup pada level tertingginya sejak Juni 2008 lalu. Sementara Indeks Nikkei 225 Stock Average menguat 0.7% ke level 17,249.39 setelah kemarin sempat mencapai level 7 tahun tertingginya. Hari ini yen berada pada level 115.69 per dollar setelah kemarin tergelincir 0.8%.

Parlemen Jepang memulai mempersiapkan akan potensi diadakannya pemilu, hal tersebut memeberikan sinyal jika Abe sedang mempertimbangkan kebuntuan parlemen guna mendapatkan dukungan. Jajak pendapat sebelumnya akan memberikan sinyal bahwa Abe mempertimbangkan penundaan kenaikan pajak penjualan hingga 10% pada bulan Oktober.

Para investor sedang menanti rilis data pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga pada 17 November mendatang yang akan membantu Abe guna memutuskan terkait apakah aka melanjutkan dengan kenaikan pajak sepeti yang telah direncanakan sebelumnya.

Sejak 30 Oktober hingga kemarin Indeks Topix mengalami kenaikan 7.5%, hari menjelang BOJ (Bank of Japan) memperpanjang stimulus dan dana pensiun Jepang yang dikatakan akan menaikkan kepemilikan sahamnya.

Sumber : Bloomberg

baca Disclaimer