PT.SolidGoldSemarang~ SINGAPORE, hari ini emas diperdagangkan mendekati level 3 bulan tertingginya dan berada pada laju kenaikan mingguan tertingginya dalam kurun waktu 4 bulan terakhir terkait spekulasi bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga secepatnya.

Spot emas stabil di level $1,221.20 per ounce pukul 00:31 GMT, setelah kemarin naik sebesar 0.5%. Pada sesi sebelumnya emas sempat naik ke level $1,227.04 yang sekaligus tertingginya sejak tanggal 17 Februari kemarin.

Pekan ini logam mulia hampir mengalami kenaikan sebesar 3% yang juga gain mingguan tertingginya sejak pertengahan Januari kemarin.

Rilis data ekonomi AS baru-baru ini telah mendukung perkiraan pasar bahwa perekonomian tidak cukup kuat bagi The Fed untuk mulai menaikkan suku bunga.

Pasar emas bullion telah memperoleh sentimen positif dari rilis data ekonomi Rabu kemarin yang menunjukkan penjualan ritel AS bulan April stagnan dan penurunan yang tidak sesuai dengan perkriaan sebelumnya ditengah sektor rumah tangga memangkas kembali daya beli otomotif dan produk-produk lainnya.

Hal tersebut tentunya menambah kecemasan pertumbuhan ekonomi kuartal ke-2 yang telah dipicu oleh penurunan data nonfarm payroll AS pada pekan sebelumnya.

Data yang dirilis kemarin menunjukkan jumlah warga Amerika yang mengajukan klaim pengangguran di pekan lalu turun ke level 15 tahun terendah telah gagal untuk meredam kecemasan terkait perekonomian Negeri Paman Sam.

Sementara dolar pada Jumat ini diperdagangkan mendekati level 4 bulan terendah terhadap mayoritas mata uang lainnya terkait spekulasi bahwa Bank Sentral AS tidak akan menaikkan suku bunga hingga akhir tahun ini.

Naiknya suku bunga akan mendorong permintaan greenback, akan tetapi mengurangi daya tarik emas bullion.

Sedangkan para trader sendiri akan fokus pada rilis data ekonomi seperti output industri bulan April dan angka pembacaan awal sentimen konsumen dari University of Michigan. (bgs)

Sumber : Reuters
baca Disclaimer