Solid Gold Berjangka- Komunikasi sangat berperan penting dalam sebuah perusahaan, dan merupakan bagian penting dari strategi bisnis sebuah perusahaan. Seperti yang kita ketahui dalam sebuah perusahaan terdapat orang-orang yang mempunyai latar belakang dan pemikiran yang berbeda yang terikat dalam satu visi, misi dan tujuan perusahaan. Sama halnya dalam kehidupan masyarakat komunikasi berperan sebagai alat untuk menyampaikan maksud dan tujuan antara satu sama lain agar terjalin suatu kerjasama yang harmonis.

Begitu pula dalam perusahaan agar tercipta lingkungan kerja yang harmonis perlu adanya komunikasi antara atasan bawahan dan antar pegawai-pegawai lainnya khususnya dalam merencanakan strategi bisnis. Ketika para atasan tidak mampu menjalin komunikasi yang jelas dan menciptakan lingkungan kerja yang terbuka, maka akan timbul dampak negatif pada produktivitas karyawan.

Keberhasilan dan kegagalan dalam suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh keefektifan komunikasi. Ada tiga aspek penting dalam membangun komunikasi yang efektif dalam perusahaan antara lain :

  1. Aspek Kejelasan (Clarity)

Komunikasi berupa bahasa, pesan dan informasi yang akan disampaikan harus bersifat jelas dan terbuka agar maksud dan tujuan dapat dilaksanakan sesuai dengan aturan dan prinsip perusahaan sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

  1. Aspek Muatan (Content)

Rencana strategi bisnis dan program perusahaan yang disampaikan harus berisi dan berkesinambungan, tidak bersifat sementara sehingga program dan strategi perusahaan dapat berjalan dengan baik. Adanya forum musyawarah dan diskusi antara atasan bawahan perlu diakukan secara rutin, tidak hanya mengadakan diskusi setelah masalah terjadi sebagai bentuk tindakan perbaikan namun sebelum masalah muncul perlu diadakan analisis lebih dini melalui forum-forum yang diadakan sehingga bisa dilakukan tindakan pencegahan.

  1. Aspek Konteks (Contex)

Selain bersifat jelas dan konten, bahasa dan informasi yang disampaikan disesuaikan dengan situasi dan lingkungan tempat kerja. Ketika hanya menyampaikan informasi tanpa menyesuaikan dengan konteks permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan, hal ini akan memicu perbedaan persepsi sehingga memungkinkan timbul konfilk dan strategi bisnis tidak berjalan dengan semestinya.

Komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam lingkungan perusahaan dan merupakan kunci awal keberhasilan. Peran penting komunikasi adalah :

  • Membantu mencegah dan menyelesaikan konflik, masalah yang timbul antara karyawan dapat diselesaikan dengan berdiskusi
  • Meningkatkan produktivitas pekerja, manager perusahaan berkewajiban menyampaikan tugas dan tanggung jawab karyawan. Jika manager menyampaikan komunikasi yang jelas maka karyawan akan memberikan efek positif dalam menjalankan kewajibannya dan pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan tujuan perusahaan.
  • Menciptakan kepuasan kerja, adanya korespondensi antara atasan dan bawahan yang ramah dan terbuka mendorong karyawan menyampaikan gagasan dan atasan hendaknya memberikan respon yang baik terhadap ide tersebut, sehingga dapat membangun loyalitas dan kepercayaan antara hubungan keduanya dan akhirnya menciptakan kepuasan dan lingkungan kerja yang harmonis.

Komunikasi yang efektif terjadi bila ada aliran informasi dua arah dalam hal ini pemberi dan penerima informasi, tidak terjadi perbedaan pendapat sehingga menghasilkan respon sesuai yang diinginkan. Selain bersifat jelas dan terbuka, komunikasi juga harus terstruktur sehingga tidak hanya mudah dimengerti namun ada tindak lanjut yang cepat sehingga strategi bisnis dilaksanakan sesuai arah tujuan yang disampaikan.

Komunikasi yang efektif juga bergantung pada kontinuitas, komunikasi yang terlalu sering atau bahkan sedikit menyebabkan timbulnya sikap apatis kurangnya antusiasme dan motivasi maka perlu dilakukan secara yang seimbang. Atasan yang menyampaikan informasi perlu memperhatikan sikap yang profesional tidak memasukkan kepentingan pribadi dan tata bahasa yang digunakan sopan walaupun terhadap bawahan sehingga karyawan merasa lebih dihargai dan memberikan semangat antusias meterhadap karyawan. Komunikasi adalah kunci awal keberhasilan perusahaan dan harus menjadi bagian dalam strategi bisnis, maka, sangat perlu mendapat perhatian bagi pengelola perusahaan sehingga visi dan misi dapat tercapai. -Solid Gold Berjangka.