SOLID GOLD BERJANGKA. Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, berkumpulnya orang-orang dengan karakteristik dan latar belakang yang berbeda dapat memberi pengaruh yang positif jika dikelola dengan baik. Karakteristik ini dapat berpengaruh terhadap nilai-nilai dan persepsi individu pada diri sendiri dan orang lain, seperti gender, ras, kemampuan, pengalaman kerja dan asal daerah. Pada dasarnya, keragaman dapat membawa keuntungan bagi perusahaan tersebut terutama saat melayani pelanggan yang juga beragam dan berasal dari segala daerah sehingga dalam menyusun strategi bisnis akan lebih mudah dilakukan.Dalam menghadapi keragaman karyawan dalam perusahaan, diperlukan strategi khusus, sehingga karyawan dari latar belakang yang berbeda merasa diperlakukan secara fair.

  • Identifikasi keragaman yang ada (usia, etnis, agama, senioritas)

Beragamnya usia dan angkatan kerja merupakan hal dominan yang dijumpai dalam sebuah perusahaan. Hal ini biasanya menimbulkan masalah terutama jika menyangkut senioritas; karyawan yang lebih dulu bekerja sering merasa kurang dihargai oleh juniornya; terkadang senior bertindak tidak sesuai peraturan perusahaan sehingga memberatkan junior untuk menegurnya.

Padahal senior perlu memberikan contoh sikap yang baik dan menghargai bawahannya agar terjadi keharmonisan dan kerjasama yang positif. Dalam menyusun strategi bisnis perusahaan perlu diadakan identifikasi keragaman usia, ras, dan agama yang disesuaikan terhadap pembagian pekerjaan agar strategi tersebut dapat beroperasi lebih efektif.

  • Fokus pada kesempatan yang adil dan perlakuan yang fair

Dalam mengelola keragaman individu, masalah yang sering dihadapi perusahaan adalah kesetaraan dan perlakuan yang adil. Kesetaraan di sini mempunyai cakupan luas dan menyangkut banyak faktor. Setiap individu harus mendapatkan kesempatan yang adil dalam pekerjaan. Diskriminasi yang timbul biasanya terdapat pada standar penilaian yang berbeda-beda terhadap individu. Untuk mengatasi hal ini, perusahaan harus membuat kebijakan alternatif untuk mengambil langkah positif dalam membedakan masalah ketidakadilan dan menetapkan tujuan sehingga terjadi kesetaraan dalam lingkungan pekerjaan.

  • Sistem rekrutmen Equal Employment Opportunity (terbuka bagi siapa saja)

Berdasarkan sistem EEO, kesetaraan keragamaan perekrutan tenaga kerja dalam hal ini seberapa baik perusahaan dalam merekrut karyawan. Aspek EEO antara lain: tidak adanya perbedaan dalam membuat keputusan terhadap golongan yang berbeda seperti kandidat wawancara, standar kelulusan, penilaian kinerja yang dilakukan oleh perusahaan; adanya pengesahan yang menyatakan bahwa semua faktor benar-benar terlaksana dalam membuat keputusan yang berkaitan dengan pekerjaan spesifik. Berdasarkan sistem ini perusahaan mengijinkan perspektif dan aset personal karyawan agar bekerja lebih efektif guna menunjang strategi bisnis perusahaan.

  • Pelajari karakteristik masing-masing

Pengelolaan keragaman karyawan seperti perbedaan karakteristik individu akan menguntungkan perusahaan dimana dapat membawa pemikiran dan ide yang beragam pula sehingga dalam menyelesaikan permasalahan berbagai alternatif pemecahan akan muncul. Maka dari itu pemimpin perusahaan harus mempelajari karakteristik karyawan dalam penyesuaian bidang kerja sehingga terjadi hubungan linear antara pekerjaan dan karyawan. Karakteristik tersebut juga bisa menjadi inspirasi bagi perusahaan untuk menghadapi perubahan bisnis menuju masa depan.

  • Bangun komunikasi internal dengan baik

Komunikasi dalam lingkungan kerja memegang peranan penting terhadap keberhasilan perusahaan.  Pemimpin perlu meningkatkan komunikasi baik dalam penyampaian informasi, tugas dan kewajiban karyawan, hasil kerja karyawan dan tegur sapa antara atasan dan bawahan.

Keragaman dalam pekerjaan merupakan hal mutlak bagi sebuah perusahaan, maka dari itu perlu direncanakan strategi pengelolaan untuk mengatasi masalah yang timbul dari perbedaan tersebut. Setelah perusahaan mengetahui permasalahan yang timbul maka pemimpin perusahaan melakukan tindakan dalam menyelesaikan masalah. Keragaman sumber daya sangat berpengaruh terhadap strategi bisnis dan pengelolaan perusahaan, maka hal tersebut seharusnya menjadi prioritas utama bagi pemimpin organisasi yang perlu diperhatikan agar kinerja perusahaan berjalan efektif.