Solid Gold Berjangka – Saat ini banyak sekali orang yang bingung untuk menurunkan berat badannya. Padahal, tak selamanya mengonsumsi lemak itu buruk. Bagi tubuh lemak juga sama pentingnya seperti juga sayuran dan nutrisi yang lain. Lemak dibutuhkan tubuh untuk

menghasilkan energi, membantu perkembangan otak, membantu menyerap vitamin, dan lainnya.

Jika selama ini Anda sering menghindari lemak, jangan-jangan Anda justru kekurangan lemak. Banyak orang yang tak menyadari bahwa tubuh mereka kekurangan lemak. Berikut adalah beberapa tanda jika seseorang kekurangan lemak dan butuh mengonsumsi lebih banyak lemak, seperti dilansir oleh Care2 melalui merdeka.com(11/06).

 1. Sering kedinginan

Orang yang kekurangan lemak dalam tubuhnya seringkali merasa kedinginan. Lemak dalam tubuh bertanggungjawab untuk memproduksi panas dan membuat tubuh tetap hangat. Karena itu, jika Anda sering kedinginan bahkan dalam suhu yang relatif tak terlalu dingin, kemungkinan Anda kekurangan lemak dan butuh untuk mengonsumsi lebih banyak lemak lagi.

2. Mengonsumsi suplemen vitamin

Jika Anda mengonsumsi suplemen vitamin untuk menguatkan tulang, mata, dan kesehatan jantung, kemungkinan besar anda akan kekurangan lemak dan membutuhkan tambahan lemak. VItamin seperti A, D, E, dan K adalah lemak yang larut dalam air. Ini berarti vitamin tersebut akan diserap oleh lemak. Kekurangan lemak akan menyebabkan Anda kekurangan vitamin. Karena itu konsumsi lebih banyak lemak sehat untuk membantu tubuh menyerap vitamin.

3. Merasa sulit berkonsentrasi

Jika Anda sering bermasalah dan tak bisa berkonsentrasi, serta merasa selalu lelah sepanjang hari, cobalah konsumsi tambahan lemak sehat. Salah satunya bisa Anda dapatkan melalui lemak ikan salmon. Penelitian mengungkap bahwa asam lemak omega-3 pada ikan salmon, minyak tertentu, atau bayam bisa meningkatkan fungsi kognitif.

4. Kulit kering

Apakah Anda memiliki kulit yang kering, mudah bersisik, dan gatal? Itu juga salah satu tanda Anda kekurangan lemak sehat. Penelitian mengungkap bahwa kekurangan asam lemak omega tiga bisa membuat kulit lebih sensitif dan kering.

5. Gula darah tak stabil

Jika Anda memiliki tingkat gula darah tinggi dan tak stabil, Anda memerlukan lebih banyak lemak. Makanan yang kaya lemak sehat akan memberikan efek positif pada tingkat gula darah dibandingkan dengan diet rendah lemak. Namun pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat, bukan lemak buruk.

 

Itulah beberapa tanda orang yang membutuhkan tambahan lemak. Jika Anda memiliki salah satu tanda di atas atau mengalami salah satunya, berarti Anda membutuhkan tambahan lemak. Namun jangan sembarang memilih makanan berlemak. Pastikan lemak yang dipilih adalah lemak sehat.