Pencairan THR untuk PNS Capai 95%, Nominalnya Rp19 Triliun – Solid Berjangka

SOLID BERJANGKA LAMPUNG – Hingga hari ini, Jumat (24/5/2019) pukul 11.00 Wita, pencairan tunjangan hari raya (THR) untuk pegawai negeri sipil (PNS) sudah mencapai 95% dari target, atau mencapai Rp19 triliun. Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati, menjelaskan bahwa pembagian Tunjangan Hari Raya (THR) telah dilakukan keseluruhan di setiap kementerian dan lembaga.

Sri Mulyani mengatakan, data tersebut diketahui berdasarkan hasil monitoring. Dana untuk THR tahun ini mencapai Rp20 triliun yang digunakan untuk pembayaran THR bagi pegawai negeri sipil (PNS), prajurit TNI, dan anggota POLRI sebesar Rp11,4 triliun dan penerima pensiun atau tunjangan sebesar Rp7,6 triliun.

“Terhadap pembayaran THR bagi penerima pensiun dan tunjangan juga dilaksanakan serentak pada hari ini, melalui pemindahbukuan ke rekening penerima pensiun dan tunjangan yang dapat diambil melalui ATM dan pembayaran melalui kantor pos. Yang dilaksanakan pada hari ini,” ujar Sri Mulyani di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Sri Mulyani menambahkan, dalam rangka pelaksanaan pemberian THR tahun 2019, Pemerintah telah mengeluarkan ketentuan pemberian THR dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2019 mengenai pemberian THR kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pejabat Negara, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan dan Peraturan Pemerintah.

“Hal ini berdasarkan Nomor 38 Tahun 2019 mengenai pemberian THR kepada Pimpinan Dan Pegawai Non PNS pada Lembaga Nonstruktural,” katanya. Sebagai informasi, Menteri Keuangan telah menetapkan PMK Nomor 58/PMK.05/2019 yang mengatur mengenai petunjuk teknis pelaksanaan pemberian THR kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan yang bersumber dari APBN.

Dan PMK Nomor 59/PMK.05/2019 yang mengatur mengenai petunjuk teknis pelaksanaan pemberian THR kepada Pimpinan dan pegawai Non PNS pada Lembaga Nonstruktural yang bersumber dari APBN. Seluruh KPPN di wilayah Indonesia telah mulai melayani pengajuan SPM THR pada tanggal 13 Mei 2019 walaupun pencairan THR-nya dilakukan serentak pada tanggal 24 Mei 2019. – SOLID BERJANGKA

sumber : sindonews