PT.SolidGoldSemarang~Sebuah lonjakan harga tiket pesawat yang diproduksi penjemputan yang moderat dalam inflasi Inggris di bulan Desember karena menurunnya harga makanan yang dapat memicu mempertahankan suku bunga jauh di bawah target Bank Inggris.

Harga naik 0,2 % menjadi tingkat tahunan, menurut perkiraan ekonom yang disurvei oleh Bloomberg, menyusul kenaikan 0,1 % pada bulan November. Inflasi inti, yang tidak termasuk volatile harga pangan dan energi, dipercepat menjadi 1,4 %, ke level tertingginya dalam satu tahun terakhir, menurut laporan angka dari Kantor Statistik Nasional.

Dengan harga minyak yang menyentuh level 12 tahun terendah dan membayar tekanan melemah, pejabat BOE tampaknya tidak terburu-buru untuk mengikuti Federal Reserve yang menaikkan suku bunga dari rekor rendah. Gertjan Vlieghe, anggota terbaru dari Komite Kebijakan Moneter, kemarin mengatakan bahwa kurangnya tekanan harga diperlukan kesabaran.

Pandangan tersebut dapat diperkuat ketika Gubernur Mark Carney memberikan komentar kepada publik untuk pertama kalinya pada tahun ini dalam sebuah pidato di siang hari, setelah Dana Moneter Internasional terkini prakiraan global. China, yang termasuk perekonomian terbesar kedua, pada akhir tahun lalu mengalami pertumbuhan kuartal terlemah sejak 2009 silam.

Tekanan pada inflasi berasal dari biaya bahan bakar motor, yang lebih rendah pada bulan lalu dari tahun sebelumnya, dan dari tarif pesawat yang melonjak sebesar 46 persen pada bulan ini, kenaikan terbesar untuk bulan Desember sejak tahun 2002. Mereka mengimbangi tekanan ke bawah dari harga makanan, minuman, alkohol dan tembakau.

Inflasi rata-rata berada di angka nol pada tahun lalu, pembacaan terendah sejak tahun 1950, seiring persaingan harga supermarket terhadap harga makanan dan biaya bahan bakar yang mengalami penurunan. Tingkat inflasi hanya akan menyentuh angka 1 persen di kuartal keempat, hanya setengah dari target BOE sekitar 2 persen, EY Item Club mengatakan dalam laporan pekan ini. (knc)

Sumber : Bloomberg
baca Disclaimer