Dalam keseharian kita terdapat suatu aktivitas rutin yang dilakukan hampir setiap hari.  Aktivitas tersebut antara lain seperti sekolah, kuliah, bekerja, dan lain-lain.  Walaupun aktivitas tersebut rutin dilakukan hampir setiap hari, namun belum tentu seseorang dapat beraktivitas tepat waktu.  Beberapa faktor penghambat seseorang untuk datang tepat pada waktunya di tempat aktivitas (sekolah, kampus, kantor, pabrik, dan lain-lain) adalah karena bangun kesiangan, macet di jalan, kendaraan rusak di tengah jalan, dan lain sebagainya. Berikut adalah tips agar Anda tidak terlambat dan dapat masuk kerja tepat waktu :

  1. Tidur di Awal Malam

Biasakan tidur pukul 8 atau pukul 9 malam waktu setempat.  Dengan begitu anda akan mendapatkan waktu tidur malam yang cukup panjang.  Semakin lama anda menunda-nunda waktu tidur maka semakin sulit pula anda bisa bangun lebih awal di pagi hari. Ingat, tubuh Anda memiliki hak untuk beristirahat selama 8 jam.

 

2. Bangun Tepat Saat Alarm berbuyi

Dijaman yang serba modern seperti ini, kita memiliki berbagai jenis alarm dan yang paling sering kita gunakan adalah alarm yang ada pada handphone atau gadget kita. Stop menekan tombol “Snooze” ketika alarm berbunyi. Karena itu hanya akan menghambat waktu Anda untuk membuka mata di pagi hari.
3. Berangkat Lebih Awal

Setelah bangun tidur bersegeralah untuk siap-siap beraktivitas.  Jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu dan menggunakan pakaian dengan rapi.  Setelah itu berangkatlah segera dengan tidak menunda keberangkatan.  Semakin lama makan kemungkinan anda terjebak macet di jalan akan semakin besar. Semakin cepat anda berangkat semakin besar kemungkinan anda untuk mendapatkan jalan yang lebih lancar. 

 

4. Istirahat di Waktu Luang

Jika terdapat masih banyak waktu luang sebelum aktivitas dimulai, anda dapat mengistirahatkan tubuh anda agar ketika aktivitas dimulai tubuh anda sudah kembali bugar setelah lama di perjalanan.  Usahakan untuk tidak tidur agar tidak telat bangunnya, kecuali tidurnya dilakukan di tempat anda beraktivitas. Pada jam istirahat pun anda dapat memanfaatkannya untuk istirahat. Tidur siang pun juga sah-sah saja asalkan tidak mengganggu orang lain yang ada di sekitar anda.