Pernahkah kita mengalami perasaan bad mood atau tidak bersemangat di tempat kerja? Memang manusia merupakan mahluk yang spesial, yang memiliki perasaan kompleks. Antara satu orang dengan orang yang lain bisa mengalami perasaan yang berbeda. Ada kalanya bersemangat tetapi ada kala nya juga kita merasa jenuh dan bosan. Ketika perasaan kita dalam kondisi tidak semangat, tubuh kita juga akan ikut bereaksi, badan terasa lemas, mengantuk dan akhirnya aktivitas kitapun terganggu. Performa kerjapun ikut menurun, mungkin bagi pegawai kantoran akan mempengaruhi karier atau bonus yang diterima dan bagi orang yang wiraswasta pasti akan mempengaruhi penghasilannya.

 

Ketika bad mood melanda pada diri kita, memaksa kerja pun akan didapat hasil yang kurang maksimal. Dan bagaimana mengatasi hal itu? sebagai makhluk sosial, kita susah untuk menghindarihal-hal tersebut tetapi kita bisa mencoba mengatasi hal itu, yaitu:

 

 

1. Kenali dan fahami penyebab

Bad mood bisa disebabkan berbagai macam sebab dan dengan mengetahui penyebabnya, kita akan mudah untuk mengatasinya. Misal kita bad mood ketika melihat meja atau ruang kerja yang berantakan, atau menginggat beban kerja yang berat atau hutang yang menumpuk. Nah mungkin anda bisa merapikan meja atau ruang kerja anda terlebih dahulu atau membagi beban kerja agar terasa ringan.

 

 

2. Atur prioritas

Seperti pada tulisan lainnya, sebaiknya kita selalu mempunyai ‘planning’/rencana dan selalu tentukan prioritas. Kerjakan aktifitas yang paling penting dan cukup mempengaruhi tugas-tugas kita selanjutnya.

 
 

 

 

3. Disiplin

Setiap aktifitas atau tugas yang akan kita lakukan, selalu tentukan deadline. Meskipun perusahaan atau client kita juga telah menentukan deadline tetapi sebaiknya kita juga mempunyai deadline tersendiri yang tentunya tidak saling ‘bertabrakan’ antara deadline kita dengan deadline dari perusahaan/client. Hal dapat memacu semangat kerja kita untuk menyelesaikan tugas dan menghindari terjadinya bad mood ketika pekerjaan semakin menumpuk.

 

 

 

4. Letakkan foto orang-orang yang kita cintai

Seringkali ketika kita melihat orang yang kita cintai, perasaan sedih, tidak semangat akan berbalik menjadi senang atau semangat. Hal ini bisa kita gunakan dengan meletakkan foto-nya di tempat yang mudah kita lihat, misal meletakkan foto keluarga di meja, foto anak, atau pacar dan Memang hal ini terlihat sangat personal tetapi hal ini dapat memacu semangat.

 

 

 

5. Hindari Penyebabnya

Hal ini berkaitan dengan poin pertama, ketika kita mengenali penyebab bad mood. Sebaiknya kita menghindari hal-hal itu ketika akan memulai aktivitas kerja, alangkah baiknya penyebab itu dapat kita selesaikan sebelum beraktitas.

 

 

have a great day without bad mood