Komputer/laptop adalah bagian penting dalam kehidupan di era modern ini. Orang-orang sudah tak bisa dipisahkan lagi dengan komputer baik untuk bekerja, belajar dan bermain game. Terlalu lama berada di depan komputer menimbulkan efek negatif bagi kesehatan, terutama bagi kesehatan mata. Berdasarkan studi yang dilakukan, radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan layar komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya. Gangguan lain akibat bekerja terlalu lama di depan komputer juga dapat menyebabkan sakit kepala,sakit leher dan bahu pegal. Karenanya jika kegiatan sehari-hari Anda adalah di depan komputer maka Anda perlu memperhatikan aspek kesehatan dengan selalu melindungi dan merawat kesehatan mata.

Berikut tips agar mata sehat saat bekerja di depan komputer:

 

  1. Atur kecerahan layar monitor

Penting untuk mengatur kecerahan layar monitor agar nyaman ketika digunakan. Layar yang terlalu cerah akan membuat mata cepat lelah dan sakit.

 

2. Gunakan screen protector

Pertimbangkan untuk menggunakan screen protector/pelindung layar pada komputer/laptop Anda. Screen protector berfungi mengurangi efek radiasai yang dipancarkan layar komputer.

 

3. Atur jarak pandang

Idealnya, jarak pandang antara layar monitor dengan mata adalah 45 cm. Terlalu dekat mata Anda dengan layar monitor, maka akan membuat mata cepat lelah dan sakit.

 

4. Mengistirahatkan mata secara berkala

Normalnya kita mengedipkan mata 18 kali setiap satu menit. Namun ketika di depan layar komputer kita akan terpaku dengan pekerjaan yang sedang dihadapi sehingga akan lebih sedikit untuk berkedip. Jika Anda membutuhkan waktu lama untuk bekerja di depan komputer, ambillah waktu setiap dua jam sekali untuk istirahat.

 

5. Alihkan perhatian sejenak

Menggunakan komputer akan membuat mata Anda tertuju hanya pada objek di monitor. Sebaiknya alihkan pandangan beberapa saat untuk memperhatikan hal sekitar agar mata tak cepat lelah.

 

6. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Buah-buahan dengan kandungan vitamin A yang tinggi sangat baik untuk kesehatan mata. Untuk itu, perbanyaklah konsumsi buah yang baik untuk kesehatan mata.

 

7. Lakukan tes mata secara berkala

Ini juga tak kalah penting. Untuk mengetahui kondisi kesehatan mata Anda, sebaiknya periksakan kepada dokter spesialis mata setiap 3 bulan sekali. Dengan begini, jika ada keluhan pada mata akan segera mendapat penanganan.