Akhir – akhir ini cuaca terasa sangat ekstrim perubahannya dibeberapa daerah. Dimulai dari cuaca yang cerah dan panas menyengat tiba-tiba berubah mendung dan hujan turun dengan intensitas yang sangat tinggi.

Inilah musim pancaroba. Musim peralihan dari musim panas ke musim penghujan. Pola cuaca yang tidak menentu dan tiba-tiba merupakan ciri musim pancaroba.

 

Pada saat kondisi seperti ini, daya tahan tubuh manusia diuji. Tubuh akan bekerja keras untuk mengatur dan menyesuaikan diri terhadap suhu yang berubah-ubah secara drastis. Karena hal tersebut sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh berkurang dan mudah terserang penyakit.  Gangguan kesehatan yang biasa muncul akibat musim ini seperti batuk,pilek, flu, demam dan lainnya yang tentu saja dapat mengganggu aktifitas.

 

 

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar dapat menjaga kesehatan tubuh dimusim pancaroba.

 

1. Banyak  minum air putih

Minum air putih minimal 2 liter per hari akan menjaga keseimbangan cairan atau air dalam tubuh. Jangan sampai tubuh dehidrasi atau kekurangan air didalam tubuh, karena bisa menyebabkan sakit kepala, pusing, lesu dan letih.  Letakkan air putih ditempat-tempat yang mudah dijangkau seperti meja belajar, ruang televisi, atau membawa air putih didalam tas

 

 

2. Tidur dan istirahat yang cukup

Tidur yang berkualitas minimal 6 jam dan hindari tidur larut malam. Tidur dapat membantu mengistirahatkan otak, mendorong regenerasi sel-sel tubuh, dan membantu memulihkan stamina untuk beraktivitas.

3. Olahraga

Berolahraga dapat meningkatkan aliran darah kesetiap organ tubuh dan akan menjaga tubuh tetap bugar. Olahraga sebaiknya dilakukan setiap hari meski hanya beberapa menit saja seperti berjalan kaki, bersepeda, dan jogging.

 

4. Konsumsi Vitamin C

Suplemen vitamin  C dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Suplemen vitamin C banyak dijual di warung-warung dengan harga yang cukup murah.

 

 

5. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan dapat dilakukan dengan hal-hal kecil seperti mencuci tangan sebelum makan, mandi,  membersihkan sampah-sampah yang berserakan, dan lain-lain. Lingkungan yang tidak bersih akan memunculkan bibit-bibit penyakit.

 

Itulah tips – tips menjaga daya tahan tubuh saat musim pancaroba, semoga bermanfaat.