SOLID GOLD BERJANGKA – Ketika musim kemarau tiba, penjualan ice cream akan laris. Hal tersebut sudah pasti. Tapi apa iya ketika musim hujan tidak ada orang yang mau membeli ice cream? Sama seperti, ketika musim durian maka penjualan durian meningkat, tapi saya percaya, penikmat durian juga menginginkan makan durian ketika tidak sedang musimnya. Kira-kira seperti itulah gambaran bisnis musiman yang terjadi di repulik kita.

Bisnis musiman, sebagaimana tersirat, memaksa sang penjual untuk mencari tips bisnis untuk berkembang. Bahkan mungkin lebih dari itu, yaitu untuk membuat istri di rumah tetap bisa menyiapkan makan bagi seluruh penghuni rumah. Jika pembaca bisa memahami maksud saya. Dalam kondisi yang wajar, pebisnis musiman memang hanya berbisnis ketika musim tersebut tiba, dan biasanya hal tersebut terjadi setahun sekali.

Misalkan pebisnis sop buah lazim kita temukan pada saat bulan puasa. Yang jadi pertanyaan adalah mungkin saja pada tahun ini sop buah tersebut ramai hingga pedagang kewalahan untuk melayani pembeli, tapi apakah itu berarti di tahun depan pedagang tersebut harus mempersiapkan bahan yang lebih banyak? Apakah berarti tahun depan dia harus menambah karyawan? Bagaimana bila tahun depan ternyata tidak seramai tahun ini?

Kalau kita perhatikan lebih mendalam ada banyak faktor yang menentukan dalam kemungkinan tersebut. Misalkan saja, pada tahun ini ketika bulan puasa, dilokasi berjualan memang pas dengan lokasi pembangunan jalan tol, maka belum tentu tahun depan sama ramainya dengan tahun ini. Tetapi, lepas dari faktor tersebut beberapa tips bisnis berikut bisa dipertimbangkan jika anda berencana atau memang berkecimpung dalam jenis usaha musiman:

  • Konsistensi

Saya rasa dalam bisnis musiman, konsistensi adalah sebuah kata kunci. Tetapi konsisten dalam hal apa? Tentu kalau misalkan kita berjualan makanan atau minuman kita harus konsisten dengan rasa yang kita tawarkan. Mungkin, masyarakat sudah tahu kalau restoran kita special dengan masakan yang pedas namun nikmat, tentulah tahun depan kita tidak boleh merubah cita rasa tersebut.

  • Inovasi

Inovasi adalah kreativitas yang diberikan terhadap produk yang kita jual. Mungkin pada tahun ini anda menjual nasi pedas dengan sambal menggunakan mangkuk, mungkin tahun depan anda bisa mencoba menggunakan cobek (tatakan untuk menggiling sambal) yang berukuran kecil. Atau mungkin anda berjualan seragam sepak bola, maka anda bisa menjual kostum-kostum terbaru dari pemain, atau menambahkan aksesoris atau bonus untuk pembelian kostum yang lama. Inovasi sangat tergantung kepada kreatifitas dan tips bisnis yang anda terapkan. Jika kurang dapat berinovasi, anda bisa bertanya kepada rekan, keluarga, atau mempelajari dari lingkungan sekitar, tentang apa saja yang bisa kita lakukan terhadap produk anda.

  • Mendekatkan Diri Kepada Pelanggan

Mendekatkan diri adalah seperlunya saja. Tidak perlu mengenal mereka hingga terlalu dekat, kecuali jika anda memang memiliki maksud yang lain. Jika ada pelanggan yang mungkin anda ingat tahun lalu pernah belanja, tak ada salahnya mengatakan “Mba yang tahun lalu belanja kesinikan?”, “Gi mana bajunya..”, hal-hal seperti ini akan memastikan konsumen tersebut akan menyempatkan untuk datang lagi di tahun depan. Dan biasanya, konsumen yang merasa puas, akan mengajak rekan-rekannya untuk belanja ditempat anda.

Meski usaha musiman hanya untuk waktu tertentu, di sela-sela musim tersebut mungkin anda bisa mencoba untuk berjualan hal yang lainnya. Atau mungkin bisa menggunakan improvisasi pada pelanggan anda. Misalnya anda berjualan kaos bola, ketika tidak musimnya, anda mungkin bisa menjual peralatan olahraga, atau mungkin membuat kontes pinalti dengan hadiah kaos. Semuanya itu kembali lagi kepada kreativitas yang anda miliki sebagai pengusaha. Mencari tips bisnis yang lain juga dapat dilakukan untuk mengisi kekosongan di antara musim tersebut