Solid Gold SMG-Saham Jepang naik, pasca indeks Topix membukukan reli mingguan terbesar dalam 18 bulan terakhir, di tengah optimisme atas pendapatan AS dan pasca Bank Sentral Eropa (ECB) memberikan bank kreditur tagihan bersih.

Indeks Topix naik sebesar 0,7 persen ke level 1,251.13 pukul 09:01 pagi di Tokyo pasca naik sebesar 5,5 persen pekan lalu, merupakan kenaikan terbesar sejak April 2013 lalu. Semua kelompok industri kecuali satu dari 33 pada indeks acuan naik hari ini. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik sebesar 0,8 persen ke level 15,414.89. Sementara Bank of Japan (BoJ) dan Federal Reserve dijadwalkan akan mengumumkan keputusan kebijakan pada pekan ini.

Kontrak berjangka pada indeks Standard & Poor 500 naik sebesar 0,1 persen hari ini. Acuan ekuitas naik sebesar 0,7 persen pada 24 Oktober kemarin, mencatat kenaikan mingguan sebesar 4,1 persen, terkait perusahaan dari Procter & Gamble Co. sampai Microsoft Corp naik pasca melaporkan laba mereka.

Indeks Topix turun sebesar 7,7 persen pada pekan lalu dari level tertinggi dalam enam tahun pada bulan September lalu, mendorong penjualan secara singkat di bursa Tokyo bulan ini ke level tertinggi. Sejak tahun 2009, saham telah reli rata-rata 9,7 persen selama tiga bulan pasca naik ke taruhan bearish, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. (vck)

Sumber: Bloomberg

baca Disclaimer