Solid Gold SMG-Bursa Jepang naik, dengan indeks Topix menuju gain untuk hari ketiga, akibat yen menyentuh level terendah tujuh tahun terhadap dolar setelah risalah dari Federal Reserve menyoroti perbedaan dalam kebijakan moneter global.
Indeks Topix naik 0,6% menjadi 1,404.81 pada pukul 09:01 pagi di Tokyo, dengan semua saham dari 33 kelompok industri yang menguat. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,7% menjadi 17,403.86. Yen diperdagangkan di level 118,15 per dolar setelah merosot ke 118,25, level terlemah sejak Agustus 2007.

Indeks Topix menguat dalam dua hari terakhir setelah Perdana Menteri Shinzo Abe menunda kenaikan penjualan pajak yang direncanakan, mempercepat pemilu dan memerintahkan para menterinya untuk mulai mempersiapkan paket stimulus setelah laporan minggu ini menunjukkan ekonomi Jepang telah jatuh kembali ke dalam resesi. Laporan hari ini menunjukkan ekspor Jepang naik 9,6% pada bulan Oktober dari tahun sebelumnya, mengalahkan estimasi ekonom sebesar 6,9% yang disurvei oleh Bloomberg.

BOJ kemarin menyimpulkan pertemuan kebijakan dua harinya dan terus berjanji untuk memperluas basis moneter pada laju tahunan sebesar 80 triliun yen, sesuai dengan perkiraan oleh semua 31 ekonom dalam survei Bloomberg News.

Di Amerika Serikat, para pembuat kebijakan menekankan komitmen mereka untuk memegang kunci suku bunga mendekati nol untuk “waktu yang dirasa cukup,” menurut ulasan risalah The Fed bulan Oktober yang dirilis kemarin.(frk)

Sumber : Bloomberg

baca Disclaimer