Miliki Tubuh Bugar dan Sehat, Ini Penyebab Atlet Juga Bisa mengidap Kanker – PT Solid Gold Berjangka

PT SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Kondisi tubuh dan kesehatan yang bugar tidak bisa menjadi acuan bahwa seseorang bakal terhindar dari kanker. Beberapa contohnya adalah atlet bulutangkis Lee Chong Wei serta Agung Hercules yang terkenal memiliki tubuh bugar dan tegap.

“Kanker tidak pernah memilih,” kata dokter Marlinda Adham, SpTHT-KL(K) PhD. “Siapapun bisa terkena kanker walaupun hidup dan makanan sehat, tidak ada genetik kanker di keluarga, tidak merokok, atau alkohol, apalagi seorang atlet kemungkinan besar hidup sehat tapi juga kehidupan atlet penuh latihan berat kadang kondisi tidak selalu prima, jadi diperlukan kesadaran untuk mengetahui batas kemampuan diri,” tutur Marlinda.

Berbicara mengenai faktor risiko yang menyebabkan seseorang terkena kanker hidung, Marlinda mengatakan, bahwa sangatlah beragam. “Mulai dari genetik, virus, polusi, paparan karsinogenik yang terus menerus dan dalam waktu lama seperti paparan debu, bahan kimiawi, debu kayu, infeksi saluran napas yang berulang, dan daya tahan tubuh yang kurang,” kata dokter yang praktik di RSUPN Ciptomangunkusumo Jakarta ini.

Mengenai gejala kanker hidung, hal tersebut sangat tergantung pada lokasi tumor. Biasanya hidung tersumbat pada satu atau dia sisi. Lalu, lendir bercampur darah, perdarahan mulai dari yang sedikit sampai yang banyak jumlahnya. Kemudian pasien mengeluhkan sakit kepala dan telinga tertutup. “Bila meluas ke atas ada gangguan mata, ke bawah gigi goyah, langit-langit terinfiltrasi tumor,” katanya. – PT SOLID GOLD BERJANGKA

sumber : merdeka