Sejak anak-anak, kita dinasehati untuk tidak membuang-buang makanan. Tapi justru tanpa sadar kita sendiri telah membuang banyak makanan yang bermanfaat. Banyak buah-buahan dan sayuran memiliki daun, kulit dan tangkai yang memiliki banyak manfaat kesehatan, bahkan kadang-kadang lebih banyak dibandingkan dengan daging buah dan daun sayurannya sendiri.

Menurut Laurence Beeken, Food Information Executive di Weight Loss Resouces, ada beberapa makanan yang memiliki banyak manfaat kesehatan namun kita buang tanpa sadar. Dan kami juga berkonsultasi dengannya mengenai bagaimana memasukkan makanan tersebut dalam daftar menu makanan Anda.
Kulit bawang merah
Kulit bawang merahKulit Bawang Merah/Bawang Putih
Ini adalah yang pertama kita buang saat kita sedang memotong-motong sayuran, tapi sebenarnya kulit bawang merah dan bawang putih mengandung banyak quercetin, sebuah senyawa flavonoid pada tanaman yang mengandung banyak antioksidan yang berguna meningkatkan kesehatan kita. Quercetin bisa juga membantu mengurangi pelepasan histamin yang sangat bermanfaat bagi penderita demam atau alergi rhinitis. Anda bisa menambahkan kulit bawang pada sup atau sayur – tapi kemudian angkat/buang sebelum disajikan

Kulit melon
Kulit melonKulit Buah Melon
Kulit melon sangat kaya akan sitrulin, asam amino yang bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan melebarkan pembuluh darah. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa mencampurkan kulit melon ke dalam jus untuk mendapatkan minuman yang lezat dan bergizi.

Daun brokoli

Daun brokoliDaun brokoli
Biasanya daun adalah yang pertama kita buang, tapi daun brokoli sebenarnya mengandung karotenoid, yaitu pigmen tanaman yang bisa diubah tubuh menjadi vitamin A dan bisa membantu mencegah penyakit kanker. Anda bisa memasak daun brokoli seperti memasak brokoli pada umumnya.

Batang seledri

 

Batang seledriDaun seledri

Tahukah Anda bahwa daun pada seledri memiliki lima kali lebih banyak kalsium dan magnesium dibandingkan dengan batangnya? Daun ini juga mengandung Vitamin C dan fenolat, yaitu antioksidan kuat yang bisa membantu melawan penyakit kanker, jantung dan penuaan. Anda bisa menambahkan daun seledri tanpa perlu dimasak ke dalam sup, salad dan saus.

Kulit jeruk

Kulit jerukKulit Buah Jeruk
Selain mengandung banyak vitamin C, jeruk dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami, dan kulitnya pun ternyata mengandung banyak serat dan vitamin. Anda bisa menambahkan kulit jeruk ini ke dalam minuman smoothie yang segar, diblender dulu, tentu saja.

Tangkai kembang kol

Tangkai kembang kol

Tangkai Brokoli/Kembang Kol
Kita harus akui kita sering memotong sayuran ini hanya sampai kuntumnya saja dan membuang tangkainya ke tempat sampah. Padahal tangkai pada sayuran brokoli atau kembang kol memiliki rasa manis dan kaya akan serat dibandingkan dengan kuntumnya.  Anda bisa memasaknya selama beberapa menit dengan memasukkannya ke dalam panci berisi air yang ditambahkan garam dan dididihkan sebelum memasak sisanya.

Kulit buah kiwi
Kulit buah kiwiKulit Buah Kiwi
Bagian berbulu dari buah kiwi mengandung tiga kali lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan buahnya dan dianggap memiliki kandungan antikanker dan antialergi. Anda bisa menambahkan kulit buah kiwi bersama dengan buahnya dalam minuman jus untuk menyegarkan pagi Anda.