USD/JPY: Peningkatan Sentimen Risiko Membuat 111,40 Kembali Dalam Fokus – PT Solid Gold

PT SOLID GOLD LAMPUNG¬†–¬†USD/JPY diperdagangkan sedikit positif di sekitar 110,50 selama perdagangan awal Asia pada hari Selasa. Berita terbaru dari AS menunjukkan prospek untuk menghindari penutupan pemerintah kedua dan untuk membuat kesepakatan perdagangan dengan China menghidupkan kembali aset berisiko, yang pada gilirannya meredupkan permintaan safe-haven JPY.

Sementara laporan AS baru-baru ini memicu risk-on, pembeli menunggu perkembangan lebih lanjut pada kesepakatan perdagangan AS-China dan inflasi AS untuk menargetkan tingkat resistensi 111,40. Pada hari Selasa, optimisme awal dibangun oleh komentar Presiden AS Donald Trump bahwa ia siap untuk memiliki kesepakatan perdagangan dengan China.

Getaran positif muncul pada akhir hari ketika adanya berita bahwa anggota parlemen AS telah mencapai “kesepakatan pada prinsipnya” pada pendanaan keamanan perbatasan yang memungkinkan kantor pemerintah menggantikan kedaluwarsa pendanaan menengah.

Selain itu, Mr Trump mengatakan dia siap untuk memperpanjang batas waktu 01 Maret untuk meningkatkan tarif di China jika kesepakatan dicapai. Berikutnya dalam radar investor adalah pertemuan Presiden AS Donald Trump untuk membahas proposal pembuat undang-undang tentang pengeluaran perbatasan, IHK bulan Januari dari AS dan perkembangan di seputar kesepakatan perdagangan AS-China.

Sementara Demokrat mungkin tidak sepenuhnya menyetujui permintaan Trump, rincian solusi dan penerimaannya akan menjadi kunci untuk menyenangkan pemimpin Republik dan menghindari penutupan lagi. Di sisi lain, pembuat kebijakan AS akan mulai membahas kesepakatan perdagangan dengan para pemimpin China mulai 14 Februari dengan komentar baru-baru ini dari Trump yang kemungkinan menawarkan awal yang baik.

Data berikutnya, indeks harga konsumen (IHK) bulan Januari AS kemungkinan akan memulihkan kontraksi sebelumnya sebesar -0,1% dengan + 0,1% setiap bulan sedangkan angka tahunan bisa melemah menjadi 1,5% dari 1,9% bulan lalu. Juga, angka IHK inti dapat tetap tidak berubah di 0,2% secara bulanan sementara kemungkinan melemah menjadi 2,1% dari 2,2% YoY.

Analisis Teknis USD/JPY
Garis horizontal yang menghubungkan posisi terendah Oktober ke tertinggi akhir Desember di dekat 111,40 menjadi perhatian segera bagi pembeli, penembusan 111,70 dan 112,00 memungkinkan.

Sementara itu, SMA 50-hari, sekarang di 110,35 , bisa menawarkan support terdekat untuk pasangan sedangkan 110,00 dan 109,50 mungkin akan menyenangkan penjual. – PT SOLID GOLD

sumber : fxstreet