SOLID GOLD BERJANGKA – Bisnis waralaba minimarket lokal kini sudah mulai menjamur, bersaing dengan bisnis serupa yang dimiliki perusahaan luar negeri. Berbagai tips bisnis biasanya mengajarkan tentang bagaimana mengumpulkan modal untuk bisa memulai bisnis waralaba ini, padahal hal yang paling penting setelah berhasil mengumpulkan uang untuk bisnis waralaba ini adalah bagaimana mengaturnya agar bisnis bisa terus berjalan dengan sukses dan bisa mengundang banyak pengunjung.

Dalam pengelolaan bisnis minimarket, jenis produknya biasanya sudah ketahuan dan masyarakat pun sudah tahu apa yang mereka bisa beli di minimarket tersebut. Biasanya, ada beberapa hal lain selain variasi produk yang membuat masyarakat bersedia untuk kembali ke minimarket tersebut; hal inilah yang harus digenjot pengelola minimarket agar tempat tersebut bisa bersaing dengan toko lain yang mungkin banyak terdapat di sekitarnya. Berikut beberapa tips bisnis untuk menggenjot jumlah pelanggan yang datang berbelanja di waralaba minimarket lokal Anda.

 

Location is Everything

Minimarket biasanya dikunjungi oleh mereka yang memerlukan belanja cepat untuk beberapa jenis barang saja, namun minimarket yang berukuran cukup besar dengan stok lengkap biasanya juga menjadi tempat belanja bulanan. Jadi, pemilihan lokasi pembangunan minimarket yang tepat adalah langkah pertama dalam kesuksesan sebuah minimarket. Lokasi yang tepat akan lebih mudah memacu konsumen untuk masuk dan berbelanja di situ.

Sebagai contoh, jika model minimarket Anda adalah toko 24 jam, ada baiknya memilih tempat di dekat deretan toko yang terang dan dekat jalan besar, dengan posisi pas di pinggir jalan atau trotoar besar. Hal ini akan membantu mengurangi rasa takut pelanggan yang sedang memerlukan suatu barang di malam hari namun takut berbelanja ke suatu toko karena tempatnya sepi. Selain itu, papan nama minimarketnya harus menyolok agar terlihat dari berbagai arah. Lokasi di dekat komplek rumah kos, kampus, tempat bimbingan belajar, lapangan futsal atau perumahan sangat ideal untuk mengundang banyak pelanggan ke minimarket. Lokasi seperti ini juga biasanya dianggap ‘aman’ sehingga akan mengundang lebih banyak pelanggan.

 

Pelayanan Baik dan Simpatik

Tips bisnis waralaba berikutnya adalah memberikan pelayanan terbaik. Sebuah minimarket yang besar dengan produk lengkap bahkan bisa perlahan-lahan kehilangan pelanggan ketika pelayanannya dinilai tidak simpatik, karena pelayanan langsung pada pelanggan itulah yang memberikan kesan mendalam di benak di pelanggan. Waralaba biasanya memiliki standar sikap dan pelayanan pada konsumen, namun hal ini sering diabaikan oleh banyak pengelola minimarket sehingga banyak orang yang menolak kembali untuk berbelanja.

Dalam mengelola minimarket, pastikan Anda memberikan pelayanan yang tidak membuat konsumen merasa dirugikan. Misalnya, yang kerap terjadi adalah pemberian uang kembalian berupa permen atau uang kembalian yang tidak diberikan secara lengkap, dengan alasan hanya uang recehan. Hal ini bukan hanya menyalahi aturan yang berlaku di Indonesia, namun juga akan membuat konsumen merasa ditipu. Layanan yang jujur dan beretika adalah tips bisnis yang selalu ampuh.

Selain itu, pastikan juga bahwa pengelola minimarket melatih staf dan karyawan yang disewanya dengan sungguh-sungguh sehingga bisa menerapkan prinsip pelayanan dengan sebaik mungkin terhadap konsumen. Jangan sampai penjaga minimarket memerlakukan konsumen yang datang dengan acuh tak acuh bahkan ketus, hal yang masih kerap kita temui di banyak tempat.  Pelayanan yang baik dan beretika serta lokasi yang tepat adalah kunci agar konsumen mau terus datang ke minimarket, serta membuat mereka memeroleh kesan baik terhadap minimarket yang dikelola tersebut. Terapkan tips bisnis ini untuk memastikan minimarket tak pernah kehilangan pelanggan.