Gubernur BI: Welcome to Bank Indonesia Destry Damayanti – Solid Berjangka

SOLID BERJANGKA LAMPUNG – Komisi XI DPR RI memutuskan Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) 2019-2024 menggantikan Mirza Adityaswara yang habis masa jabatanya pada 24 Juli 1019. Gubernur BI Perry Warjiyo menyambut positif terpilihnya Destry.

Dia pun yakin Destry akan cepat untuk beradaptasi dengan sistem kerja di Bank Indonesia. “Selamat kepada bu Destry, welcome to Bank Indonesia sebagai Deputi Gubernur Senior,” tuturnya. Perry menjelaskan, dirinya juga sudah sempat berdiskusi terkait visi-misi terbaru dari Bank Indonesia dengan Destry.

“Bu Destry ini, saya sudah kawan lama, dan sudah interasi baik dengan LPS, KSSK, ISEI, dan kami berteman baik sehingga Bu Destry akan cepat menyesuaikan. We are looking forward dan menerima dengan baik Bu Destry untuk memperkuat tim kami,” ujarnya. Dia pun turut menyampaikan apresiasinya kepada Mirza Adityaswara yang lengser pada bulan ini.

Kata Perry, kotribusi Mirza terhadap kinerja BI sangat banyak serta memiliki analisis yang tajam terkait kondisi pasar. “Selain itu, Pak Mirza tak hanya dekat dengan pimpinan BI pusat, tapi juga pimpinan BI di kantor BI perwakilan daerah dan luar negeri. Pak Mirza sudah seperti keluarga, begitu juga Bu Destry,” paparnya.

Perjalanan Karier Destry Damayanti, Deputi Gubernur Senior BI Terpilih

Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR) menyetujui Destry Damayanti untuk menduduki posisi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia periode 2019-2024. Destry terpilih secara aklamasi. Posisi Destry menggantikan Mirza Adityaswara yang akan habis masa jabatannya pada 24 Juli 2019.

Destry diajukan sebagai calon tunggal Deputi Gubernur Senior oleh Presiden Joko widodo (Jokowi) pada awal Mei lalu. Saat ini Destry adalah Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Ia menduduki jabatan tersebut sejak 24 September 2015.

Destry Damayanti mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia dan Master of Science dari Cornell University, New York, Amerika Serikat. Kariernya dimulai di beberapa tempat, antara lain Senior Economic Adviser untuk Duta Besar Inggris untuk Indonesia pada 2000 hingga 2003. Ia juga menjadi peneliti dan pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada periode 2005 hingga 2006.

Selanjutnya Destry Damayanti menjabat sebagai Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas pada 2005 hingga 2011 dan melanjutkan menjadi Kepala Ekonom Bank Mandiri pada 2011 hingga 2015. Ia sempat menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Ekonomi Kementerian BUMN (2014-2015). Bahkan, beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif di Mandiri Institute dan Ketua Panitia Seleksi Pimpinan KPK. – SOLID BERJANGKA

sumber : liputan6