PT.SolidGoldSemarang~Yen menguat tajam diantara mata uang rekanan pasar negara berkembang setelah Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda menunjukkan sedikit keinginannya untuk memperluas stimulusnya sebelum bank sentral menetapkan kebijakan pada hari Jumat.

Mata uang Jepang menghentikan penurunan dua harinya setelah komentar Kuroda yang mengatakan dalam sebuah wawancaranya pada 22 Januari di Davos, Swiss bahwa “pada tahap ini, kami tidak berpikir situasi pasar saat ini telah mempengaruhi perilaku perusahaan.” Yen telah menguat terhadap semua mata uang utama sejak awal tahun ini yang dipimpin aksi jual saham China dan penurunan harga minyak yang terus berlanjut yang mendorong permintaan untuk aset haven. Hedge fund dan spekulan besar lainnya mengangkat jaring posisi bullish yen ke level tertinggi dalam hampir empat tahun pekan lalu.

Yen naik 0,2% menjadi ¥ 118,50 per dolar pada 09:46 pagi di Tokyo, melanjutkan kenaikan di tahun ini menjadi 1,4%. Ini diperkuat 0,2% menjadi 127,96 per euro.(yds)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer