Solid Gold SMG-Yen tahan penguatan terhadap euro dan indeks berjangka Jepang bergerak mix di tengah spekulasi penundaan kenaikan pajak penjualan hari ini oleh Perdana Menteri Shinzo Abe dan menyerukan pemilu secepatnya. Minyak AS jatuh untuk hari kedua pasca indeks Standard & Poor 500 naik ke rekor baru tertingginya.

Mata uang Jepang stabil di level 145,27 per euro pukul 8:37 di Tokyo, pasca naik sebesar 0,3 persen di sesi terakhir. Yen mebdekat ke level terendahnya dalam tujuh tahun terhadap dolar AS. Indeks Nikkei 225 Stock Average berjangka pertahankan penurunan di Chicago, sementara kontrak pada pre-market Osaka di tawar 0,8 persen di atas level penutupan kemarin. Kontrak pada indeks S&P 500 turun 0,1 persen pasca indeks mencapai rekor baru tertingginya di level 2,041.32. Indeks S&P/ASX 200 Australia mendatar karena harga minyak mentah di New York turun 0,3 persen.

Abe sedang mempertimbangkan untuk menunda kenaikan pajak selama 18 bulan dan menyerukan untuk melaksanakan pemilihan umum pada 14 Desember mendatang, menurut orang-orang yang akrab dengan diskusi antara anggota parlemen. Dia akan berpidato di didepan wartawan hari ini, surat kabar Yomiuri mengatakan kemarin. Bank sentral Jepang juga memulai pertemuan selama dua hari pada hari ini, pasca rilis data kemarin menunjukkan ekonomi terbesar kedua di Asia berada dalam resesi. Sebuah laporan harga properti China akan dirilis, bersama dengan risalah dari konferensi Reserve Bank of Australia bulan November. (izr)

baca Disclaimer