SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Yuan anjlok, terendah dalam lima tahun, terseret oleh keputusan MSCI Inc untuk menolak permohonan Tiongkok untuk masuk dalam indeks acuan ini.

Mata uang onshore turun 0,02 persen menjadi 6,5980 dolar pada 10:29 di Shanghai, demikian yang terlihat pada Devisa Trading System. Nilai tukar yuan terhadap dollar jatuh ke 6,6047 sebelumnya, terlemah sejak Januari 2011. Yuan yang diperdagangkan di Hong Kong juga jatuh sebanyak 0,14 persen ke terendah empat bulan setelah The People’s Bank of China mengurangi suku bunga acuannya di bawah 6.6 untuk pertama kalinya sejak awal 2011.

Indeks MSCI Emerging Market dengan nilai asset sebesar $ 1,5 triliun aset, mengatakan perlunya perbaikan tambahan di aksesibilitas pasar saham Tiongkok agar dapat dimasukkan kembali di tahun 2017. Langkah ini menambah tekanan terhadap yuan, di tengah lonjakan dolar, kemungkinan kenaikan suku bunga federal Reserve dan kemungkinan keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Cadangan devisa Tiongkok merosot ke tingkat terendah sejak akhir 2011 lalu karena menguatnya dolar.
Dolar menguat pada Selasa kemarin karena investor membuang mata uang berisiko sebelum pertemuan bank sentral di AS dan Jepang dan referendum U.K. Brexit pada 23 Juni mendatang.

http://vibiznews.com/2016/06/15/yuan-anjlok-setelah-penolakan-msci-inc/